Siapakah Anak Betawi yang Menjadi Menteri Kabinet Prabowo?

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Siapakah anak Betawi yang menjadi menteri kabinet di bawah Presiden Prabowo Subianto. Muncul nama Rosan P. Roeslani,  Nachrowi Ramli, dan Siti Nurbaya Bakar.

Rosan Perkasa Roeslani, yang lahir pada  31 Desember 1968 adalah pengusaha asal Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Investasi merangkap sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal sejak 19 Agustus 2024. Ia sempat menduduki peringkat 87 Orang Terkaya Indonesia versi Forbes tahun 2021 dengan nilai kekayaan USD 450 juta.

GERAKAN SOLIDARITAS NASIONAL

Rosan Perkasa Roeslani juga pernah menjabat Ketua Umum KADIN periode 2015 – 2020. Ia juga menerima penghargaan Commander in the Order of Leopold of Belgium dari pemerintah Belgia (2017).

Kini, Rosan Perkasa Roeslani sedang ditugaskan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka untuk mendirikan organisasi bernama Gerakan Solidaritas Nasional (GSN).

Sementara itu,  nama lain yang disebut-sebut sebagai calon menteri adalah Mayjen TNI Nachrowi Ramli, yang lahir di Jakarta pada  12 Juli 1951. Mamat, begitu panggilan akrabnya, adalah seorang purnawirawan TNI AD yang terakhir kali menjabat sebagai KepalamLembaga Sandi Negara Republik Indonesia.

NACHROWI RAMLI

Nachrowi Ramli merupakan lulusan Akademi Militer  1973 dan mahir dalam bidang Perhubungan. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Sekretaris Lembaga Sandi Negara.

Di kalangan Betawi, Nachrowi dikenal sebagai tokoh yang visioner. Ia aktif sebagai Dewan Adat Bamus Betawi dan Ketua Dewan Penasehat Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) dan Dewan Pendiri Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB).

Setiap kabinet pemerintahan dari tahun ke tahun anak-anak Betawi selalu menghiasi kabinet di bawah presiden sejak Soekarno hingga kini. Pada era Bung Karno misalnnya, ada Menteri Kesejahteraan Rakyat Sjafei.

MENTERI PERANAN WANITA

Di zaman Soeharto ada Menteri Luar Negeri Ali Alatas. Pada era B.J. Habibie ada Menteri Peranan Wanita Tutty Alawiyah.

Pada pemerintahan Abdurrahman Wahid-Megawati Soekarnoputri ada Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Zarkasih Nur.

Ketika Megawati Soekarnoputri menjadi presiden, anak Betawi yang menjadi menteri adalah Menteri Luar Negeri Nur Hasan Wirayudha. Begitu pun ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Menteri Luar Negeri masih dijabat oleh Nur Hasan Wirayudha. Sedangkan Suryadharma Ali sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

SITI NURBAYA BAKAR

Pada periode pertama pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Sedangkan para periode kedua Siti Nurbaya Bakar masih menjadi sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Nama baru yang muncul dari tokoh betawi adalah Rosan P. Roeslani sebagai Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM).

Kabarnya Siti Nurbaya Bakar masih akan berahan sebagai Menteri LHK dan Rosan juga kembali menjadi Menteri Investasi dan Kepala BKPM. Bagaiaman dengan Nachrowi Ramli? Jika ia terpilih maka kini rekor bahwa ada tiga anak Betawi yang bertugas di Kabinet Prabowo Subianto.

 

 

 

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Headline