Menunggu Peresmian Tol Balikpapan-Samarinda

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menyelesaikan konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda. Sementara untuk jadwal peresmiannya belum dipastikan.

“Saat ini, progres keseluruhan Jalan Tol Balikpapan–Samarinda seksi 1 dan 5 sudah mencapai tahap akhir penyelesaian,” kata Kepala BPJT Danang Parikesit, pada Jumat (23/7/2021).

Ia menambahkan bahwa tahap akhir yang dimaksud ialah pembebasan lahan di seksi 1 dan 5. Untuk proses pembebasan lahannya mencapai 99,95 persen. Sementara untuk perkembangan konstruksi tol sudah mencapai 99,65 persen.

Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 berada di Kilometer 13-Samboja dengan panjang 22,02 km. Sedangkan untuk Seksi 5 dari Sepingan-Kilometer 13 yang memiliki panjang 11,5 km.

Pendanaan kedua seksi tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan gabungan dari anggaran negara serta pinjaman dari China.

Pembangunan tol ini untuk mendukung konektivitas Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur dengan berbagai pusat bisnin lain, seperti Balikpapan Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, dan Bontang.

You may also like

Comments are closed.

More in Jalan