Kementerian PUPR Lakukan Tahap Uji Beban Jembatan Waikaka

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyelesaikan konstruksi jembatan Waikaka di Kabupaten Seram bagian barat.

Pada saat ini, jembatan tersebut sedang pada tahap uji beban untuk mendapat sertifikat laik fungsi. Uji beban ini menggunakan 18 truk yang memiliki berat 17,92 ton. Dengan begitu beban keseluruhan untuk menguji jembatan, yakni mencapai 322 ton.

Jembatan Waikaka memiliki panjang 100 meter serta lebar lantai 7 meter. Adapun jembatan ini juga memiliki trotoar selebar 1 meter di kedua sisinya.

Sementara untuk konstruksinya, jembatan menggunakan pondasi tiang panjang baja dengan tipe 2 abutment tanpa pilar dan tipe bangunan atas berupa RBI tipe A.

Jembatan Waikaka pernah ambruk karena diterjang banjir pada Juni 2020. Selama pembangunan jembatan, PUPR membangun jembatan darurat rangka bailey 3×30 m.

Dengan selesainya tahap konstruksi, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengatakan bahwa jembatan ini akan memperlancar jalur distribusi barang dan logistik. Dengan pulihnya jalur, perekonomian dapat berjalan lancar.

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Properti