Ekspor Mobil Ke Australia dan Surplus Neraca Perdagangan

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Presiden Joko Widodo resmi melepas ekspor perdana mobil dari Indonesia ke pasar Australia hingga surplus neraca perdagangan ke 21 bulan berturut-turut kemarin menjadi pemberitaan sektor ekonomi yang menarik untuk dibaca.

Presiden Jokowi di Karawang, Jawa Barat, Selasa, mengatakan ekspor perdana mobil dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ke Australia ini membuktikan Indonesia telah mengambil peluang untuk membuka pasar baru ekspor.

“Karena itu saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi, karena apapun, tadi kita sudah melihat produknya, Fortuner, selain produk-produk yang lain,” ujar Presiden Jokowi sebagaimana ditayangkan kanal resmi Youtube Sekretariat Presiden.

Kinerja ekspor industri pengolahan pada awal tahun mencapai 15,71 miliar dolar AS atau naik 31,16 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, di mana sektor industri konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap capaian nilai ekspor nasional.

“Ekspor di Januari 2022 ini menandai peningkatan kinerja yang stabil dan semakin membaik. Kami yakin, ekspor sektor manufaktur di bulan-bulan selanjutnya akan terus meningkat, meskipun pandemi COVID-19 masih terjadi,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 930 juta dolar AS pada Januari 2022 dengan nilai ekspor 19,16 miliar dolar AS dan impor 18,23 miliar dolar AS.

“Neraca perdagangan kita ini telah membukukan surplus 21 bulan beruntun,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto saat konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa produksi otomotif Indonesia akhirnya mampu menembus pasar Australia yang terkenal memiliki spesifikasi yang ketat, baik dari segi aturan bahan bakar, emisi, dan keamanan.

“Alhamdulillah Presiden Joko Widodo berkenan hadir hari ini untuk melepas ekspor ke Australia dan disertai beberapa produk ke Jepang. Sama dengan Jepang, akhirnya kita bisa mengekspor produk kita ke Australia, yang terkenal memiliki spesifikasi ketat,” kata Menperin dalam Pelepasan Ekspor Kendaraan Toyota ke Australia secara virtual.

You may also like

Comments are closed.

More in Otomotif