Ruas Tol Pekanbaru Dumai Jadi Tulang Punggung Perekonomian Sumatra

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Jumat 25 September 2020, salah satu ruas penting dari JTTS yakni Ruas Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer yang merupakan tulang punggung perekonomian Sumatra, telah dirampungkan sekaligus diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Ruas ini pun memiliki peran vital sebagai penghubung sentra ekonomi seperti perkebunan sawit, pusat UMKM, hingga pusat perdagangan internasional. Hingga kini, Dumai merupakan salah satu gerbang perdagangan internasional di Selat Malaka.

Kehadiran Ruas Tol Pekanbaru-Dumai pun berdampak terhadap arus distribusi barang maupun orang antar pulau. Sebagai ruas penting yang menghubungkan berbagai sentra ekonomi di Provinsi Riau. Saat ini, Ruas Tol Pekanbaru-Dumai telah beroperasi secara penuh. Proses pembangunan dimulai pada Desember 2016, Hutama Karya menggarap seksi 1 sewaktu pembebasan lahan baru sekitar 20 kilometer dari total panjang ruas 131 kilometer dan sekadar mengandalkan basic design.

Pembangunan beriringan dengan upaya pembebasan lahan serta perampungan detail engineering design. Proses pembangunan pun akhirnya tuntas seluruhnya pada tahun lalu, peresmian dilakukan langsung Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020. Hadirnya Jalan Tol ini menjadi akses penghubung arus transportasi kendaraan Golongan I-V yang terintegrasi dengan pelabuhan yang berada di Dumai. Dan tol ini sangat membantu percepatan konektivitas lalu lintas kendaraan serta arus logistik.

Pengaruh  Besar

Ruas Tol Pekanbaru-Dumai memiliki manfaat besar sebagai akses pergerakan pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatra. Manfaat lain yang dirasakan ialah jalan tol ini juga dapat memperlancar jalur niaga internasional di Sumatra, memangkas biaya angkutan logistik, dan mempercepat waktu tempuh pengiriman barang tentunya.

Efektivitas jalan tol inipun setidaknya telah dirasakan masyarakat. Waktu tempuh yang sebelumnya menggunakan jalan arteri dari daerah Pekanbaru hingga Dumai mencapai 5 jam, kini hanya membutuhkan waktu 1,5 jam melalui jalan Ruas Tol Pekanbaru-Dumai.

 

You may also like

Comments are closed.