Teknologi Kendali Automasi Miliki Beberapa Keunggulan

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Pada dasarnya, teknologi kendali automasi memiliki visi untuk mengikis jumlah korban kecelakaan jalan raya.

Sebagian besar kecelakaan tersebut dipicu oleh kelalaian pengemudi, menyebabkan korban yang tidak saja sesama kendaraan, seringkali pula membuat teror terhadap pengguna pedestrian.

Selain itu, teknologi kendali automasi diharapkan mampu merealisasikan kesesuaian cara berkendara dengan kondisi umum jalan dan kesesuaian rambu lalu lintas. Dengan begitu, kemacetan jalan raya yang memboroskan energi bahan bakar serta anggaran subsidi bahan bakar dapat dikendalikan.

Kelemahan Teknologi Automasi

Namun demikian, terdapat beberapa kelemahan yang masih menjadi tantangan pengembangan teknologi ini. Salah satu yang menjadi problem utama ialah tingkat keamanan perangkat. Teknologi automasi saat ini lebih banyak mengandalkan digitalisasi, pelibatan fungsi AI, serta konektivitas antar kendaraan.

Semua sistem tersebut mengandalkan interkoneksi serta saling silang data yang dihimpun komputer. Hal ini memunculkan kekhawatiran bahwa teknologi kendali automasi akan sangat rentan terhadap aksi kriminal khususnya teror peretasan.

Selain itu, dibutuhkan masa yang panjang untuk pengembangan keandalan data serta perangkat. Situasi jalan raya yang lebih kompleks dengan populasi kendaraan yang cukup banyak dibandingkan, misalnya, dengan pergerakan pesawat udara, akan sangat berisiko jika distribusi data real time terkendala.

Keandalan perangkat serta kesesuaian antar produk satu dengan yang lainnya maupun dengan teknologi jalan raya, merupakan problem yang sangat kompleks untuk menciptakan keandalan kendali automasi pada mobil.

 

 

 

You may also like

Comments are closed.

More in Otomotif