Dalam Pengembangan Mobil Listrik, China Paling Agresif

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: China menjadi negara yang paling agresif dalam mengembangkan industri mobil listrik (electrical vehicle – EV).

Bahkan, tingkat kemajuan China di bidang tersebut sudah ditunjukkan melalui jumlah produksi mobil listrik yang mencapai 1,36 juta unit per tahun. Hal tersebut menunjukkan bahwa China menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia yang memiliki kemampuan untuk memproduksi mobil listrik berskala besar.

Pasar Mobil Listrik Terbesar

Tak hanya itu, China juga menjadi pasar mobil listrik terbesar di dunia dengan memiliki total populasi mobil listrik mencapai 7,2 juta unit hingga tahun 2019, di mana sekitar 47% dari jumlah tersebut beredar di pasar domestik China. Hal ini menunjukkan bahwa negara tersebut memang sangat serius dalam mengembangkan pasar dan industri mobil listrik.

Untuk mendorong pengembangan produk mobil listrik tersebut, pemerintah China bahkan menganggarkan dana sekitar US$60 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk mendanai riset, pengembangan, dan strategi pembangunan mobil listrik hingga tahun 2035. Selain itu, baik pemerintah pusat maupun provinsi juga menyediakan fasilitas subsidi dan insentif bagi pengembangan mobil listrik, termasuk diskon tertinggi hingga US$3.600 per unit untuk konsumen.

Tak hanya itu, pemerintah juga menyediakan fasilitas pengisian listrik yang memadai dengan menyediakan sedikitnya 120.000 stasiun pengisian listrik, serta 4,8 juta fasilitas mini untuk pengisian baterai. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah China sangat serius dalam mendukung pengembangan mobil listrik dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

You may also like

Comments are closed.

More in Otomotif