Mudik Lebaran 2023: Penerapan Satu Arah Efektif Atasi Kemacetan

INDOWORK.ID, JAKARTA: Kebijakan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way pada hari pertama Selasa (18/4/2023) pukul 14.50 WIB berjalan dengan lancar.

Kepolisian mulaiĀ  memberlakukan kebijakan tersebut mulai dari KM 72 Jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Sementara skema contraflow dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek atau Japek sampai Km 72 Tol Cipali menurut rencana diterapkan pada malam hari. Skema ganjil genap pun belum diberlakukan.

Suasana gerbang tol Kalikangkung

Penulis memantau arus lalu lintas melalui Google Maps dan CCTV live kebijakan tersebut berjalan lancar tanpa hambatan.

Kendaraan yang didominasi pemudik dengan mobil pribadi masih bisa melaju pada kecepatan 80 km/jam. Tampak pula sejumlah bus bertuliskan mudik gratis dari berbagai instansi lalu lalang.

Lalu lintas mulai tersendat di KM 72+400 karena jalur menyempit dari tiga lajur Tol Japek menjadi dua lajur Tol Cipali.

Oleh karena itu, polisi mulai menerapkan skema satu arah mulai KM 72 Tol Cipali.Sementara di GT Cikampek, petugas sibuk memasang kerucut lalu lintas sejak pukul 13.00.

Pembersihan pengendara jalan pun dilakukan dari arah Semarang, mereka diarahkan ke jalur pantura melalui pintu keluar tol sebelum GT Kalikangkung.

Pemberlakukan kebijakan tersebut didasarkan pada data Volume capacity ratio (VCR) atau visi rasio kendaraan.

Visi rasio Tol Cipali pada pukul 14.00 mencapai 0,8, maka satu arah harus dilakukan. Nanti kalau angka visi ratio Tol Jakarta-Cikampek sudah mendekati 0,8 baru diberlakukan contra flow di Tol Japek Km 47-72.

Volume capacity ratio (VCR) atau tingkat pelayanan jalan yang diformulasikan sebagai perbandingan antara volume kendaraan dengan kapasitas jalan.

Semakin tinggi volume kendaraan yang lewat maka tingkat pelayanan jalan tersebut semakin rendah, begitu juga sebaliknya.

Satu jam setelah diterapkan skema satu arah kondisi lalin di Tol Cipali mulai terurai, pengendara bisa melaju hingga kecepatan rata-rata 80 km/jam.

Contra flow di Tol Japek baru akan dilakukan ketika volume kendaraan meningkat hingga 3.000 mobil. Pemerintah memprediksi arus mudik masih akan terus meningkat pada 18-20 April.

Sementara itu, PT Jasa Marga mencatat kendaraan yang melewati Gerbang Tol Cikampek Utama dari arah Jabodetabek menuju arah Trans-Jawa mencapai 168.443 kendaraan pada periode 15 April sampai 17 April 2023.

Angka ini meningkat 95,23 persen dari situasi normal. Mudik lebaran 2023 memang diprediksi akan dibanjiri banyak pemuzik sekitar 1238 juta orang.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline