Shalat Ied Hari Ini dan Besok, Dari Jakarta Hingga Wonogiri

WONOGIRI, INFRASTRUKTUR.CO.ID: Pemimpin Redaksi Infrastruktur.co.id Hamzah Ali mengucapkan selamat idul fitri. Begini pantunnya:

Rajin mengaji bagaikan santri
Berbusana elok berkain satin
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon maaf lahir dan batin

Pergi belajar tugas merangkum
Akhir semester ujian praktikum
Taqabbalallah minna wa minkum
Shiyamana wa shiyamakum

Lebaran kali ini dua kali. Jumat dan Sabtu. Wartawan Indowork.id Hamzah Ali melaporkan perjalanan mudik dari Jakarta ke Wonogiri. Di Jakarta sejumlah masjid menggelar shalat Id setelah tadi umat Islam malam mengumandangkan takbir.

Pantauan lalu lintas dari Jakarta melintasi Jalan Tol Transjawa menemukan titik kemacetan terjadi di rest area. Antrian masuk kendaraan menyebabkan jalur menyempit.

HANYA SATU JALUR

Dari dua jalur, hanya satu yang dapat dilewati oleh pengguna. Sedangkan jalur satu lagi digunakan untuk antrean keluar-masuk rest area.

Kepadatan kendaraan terjadi puncaknya pada waktu masuk shalat dan istirahat makan.

Hamzah Ali memulai perjalanan pada jam 01.00 WIB malam kemudian melintasi Tol Cikampek. Sampai pukul 04.00 WIB perjalanan baru sampai di KM 100 Tol Cipali.

ANTREAN MENGEKOR

Antrean di KM 101 Tol Cipali mulai mengekor dari lima kilometer sebelumnya. Sampai kemudian di rest area KM 102 memutuskan untuk beristirahat shalat subuh.

Terlihat parkiran kendaraan yang padat. Petugas bersiaga untuk mengarahkan kendaraan yang masuk, juga membantu kendaraan yang ingin keluar.

Suasana parkiran penuh di rest area KM 102 Tol CipaliPemudik tidak dianjurkan untuk berada di rest area lebih dari 30 menit. Untuk itu, petugas selalu mengingatkan melalui pengeras suara.

Penulis memulai kembali perjalanan pada pukul 06.00 WIB. Perjalanan setelah rest arean  KM 102 berulangan lancar.

Untuk diketahui, pengembang tol selalu bersiaga dengan tambahan sumber daya manusia dan sarana-prasarana, seperti mobil derek, petugas jaga tol, dan mobil bensin keliling.

Pihak tol juga dapat selalu berpatroli dan bersiaga untuk mengimbau para pemudik supaya mengecek kapasitas bahan bakarnya agar tidak mogok dan mati mesin.

Seperti pengalaman tahun lalu bahwa terjadi kepadatan di tempat istirahat sehingga menghambat lalu lintas jalan tol. Oleh karena itu, dilakukan penambahan area istirahat di beberapa titik serta memperlebar jalan di pintu masuk area istirahat.

Pemudik mengecek kesehatan dan keamanan kendaraannya agar tidak terjadi hal yang berakibat fatal dalam perjalanan mudik. Termasuk juga kesehatan dan kesiapan para pengemudi sebelum berangkat mudik.

 

You may also like

Comments are closed.

More in Headline