Perdana Gelar Prakongres, Majelis Kaum Betawi Bakal Bahas Agenda Ini

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) bakal menggelar Pra-Kongres, dan menjadi acara perdana, pada Sabtu, 13 Mei 2023, di Ecovention Hall, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, pukul 08.00 WIB.

MAPKB dideklarasikan pada Kamis, 22 Desember 2022 lalu, secara simbolis menyatukan Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982.

Marullah Matali, yang merupakan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, saat ini memimpin majelis tersebut.

Pada perhelatan besar perdana MAPKB ini rencananya akan membahas sejumlah agenda, antara lain Kaidah Kelembagaan Adat, Kaidah Kepemimpinan Adat, dan Rekomendasi Adat MAPKB.

Selain itu, Pra-Kongres juga memberi kesempatan kepada organisasi-organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Badan Musyarawarah Masyarakat Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 untuk memberikan masukan.

Penyelenggaraan Pra-Kongres ini menjadi angin segar bagi masyarakat Betawi yang selama ini memimpikan adanya lembaga adat yang dapat mempersatukan segenap potensi adat kaum Betawi.

BERPERAN LEBIH AKTIF

Suasana Rapat Forum Jibang dan Marullah Matali

Marullah menyebut Pra-Kongres menjadi tonggak yang sangat bersejarah bagi masyarakat Betawi. Apalagi ke depan, tantangan Jakarta akan semakin berat, pasca pengesahan UU IKN pada awal 2022 lalu.

“Semoga MAPKB dapat berkontribusi secara positif, bukan hanya bagi orang Betawi dan warga Jakarta, tapi juga bangsa, negara, dan agama,” kata Marullah, di sela-sela agenda rapat persiapan Pra-Kongres, Jumat (12/5).

Harapannya, orang Betawi sebagai inti masyarakat Jakarta kelak dapat berperan lebih aktif dalam pembangunan Jakarta. Khususnya, serta berkontribusi luas lebih dalam memajukan negeri.

Dalam persiapan prakongres ini, MAPKB terus menunjukkan semangat persatuan melibatkan hampir semua perwakilan ormas kebetawian di kepanitiaan.

Saat di MAPKB, majelis mengharapkan semua menanggalkan baju ormas masing-masing, seraya berjuang bersama-sama demi kesejahteraan dan kemajuan kaum Betawi di berbagai bidang kehidupan.

Ketua Steering Committee H. Zainuddin dan Ketua Panitia H. Riano P. Ahmad sepakat menyampaikan rasa semangat dan kegembiraan, di mana organisasi kemasyarakatan bakal segera melebur ke MAPKB.

“Saat ini suasananya betul-betul kondusif dan insyaAllah dengan segala niat baik yang telah direncanakan. Tidak ada yang dapat menghalangi langkah maju MAPKB, baik di Pra-Kongres maupun Kongres nanti,” ujarnya.

Adapun, agenda yang mulai sejak pagi di Utara Jakarta ini akan mulai dengan registrasi peserta (perwakilan organisasi kemasyarakatan). Kemudian pembukaan, sidang-sidang komisi, sidang pleno, dan ditutup dengan pengesahan hasil-hasil Pra-Kongres.

Sementara itu, rencananya agenda ini akan berlanjut dengan kongres, namun MAPKB belum menentukan waktunya.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline