WIKA Beton Dukung Isu Lingkungan, Terapkan Dekarbonisasi di Sejumlah Pabrik

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Dalam mewujudkan konsep industri hijau, WIKA Beton menjalankan program dekarbonisasi di sejumlah pabrik produk beton. Apa konsep industri hijau WIKA Beton? Konsep industri hijau sendiri merupakan pilar utama dari Green Growth yang menjadi tren Global sehingga pemerintah Indonesia menetapkan Standar Industri Hijau (SIH) melalui peraturan menteri perindustrian No. 51/M-IND/PER/6/2015.

Guna mendukung industri hijau ini, WIKA Beton menjalankan program dekarbonisasi yang diinisiasi oleh WIKA Group dengan cara memanfaatkan energi surya sebagai energi terbaharukan dalam operasional produksi di sejumlah pabrik beton, salah satunya melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Dalam penerapannya, Pabrik Produk Beton (PPB) Bogor dan PPB Majalengka menjadi pilot project dengan cara: 1) menggunakan panel surya untuk penerangan lampu jalan dan penerangan di area stockyard pabrik beton; 2) memasangan PLTS di PPB Bogor dengan kapasitas 440 kWP dan PPB Majalengka dengan kapasitas 242 kWP.

Program dekarbonisasi ini dilaksanakan WIKA Beton melalui kerja sama dengan PT Agra Surya Energy. Harapannya, program ini dapat mengurangi emisi CO2 dari sumber energi dan dapat mengganti sistem yang bergantung pada bahan bakar fosil dengan sumber daya rendah karbon.

PT AGRA SURYA ENERGY

PT Agra Surya Energy adalah sebuah perusahaan yang bergerak di sektor energi. Meskipun perusahaan ini tidak memiliki keterkaitan langsung dengan bidang ekonomi, manajemen, keuangan, atau pemasaran, seperti yang menjadi latar belakang Anda sebagai seorang profesor ekonomi. PT Agra Surya Energy adalah contoh perusahaan di sektor energi yang bisa menjadi subjek penelitian terkait dampak lingkungan, praktik keberlanjutan, atau kontribusi mereka dalam upaya pengembangan energi terbarukan.

Instalasi panel surya milik PT Agra Surya Energy

Perusahaan ini merupakan penyedia energi ramah lingkungan yang sedang berkembang di Indonesia, dengan layanan pelanggan yang unggul selama lebih dari dua tahun. Agra juga berkomitmen pada keberlanjutan dan efisiensi energi. Adapun layanan bisnis yang tersedia yaitu:

EPC System PLTS, Agra juga memiliki pengetahuan untuk secara ahli menangani pemasangan panel surya dalam berbagai ukuran atau cakupan. Tim pemasang panel surya kami terdiri dari tukang atap dan teknisi listrik yang terlatih dan bersertifikat. Setiap kelompok bekerja secara bertahap untuk memastikan panel baru.

Perawatan Panel Surya,  perbaikan tata surya diperlukan bila terjadi sistem overheat, panel surya rusak atau berdebu, kebocoran atap surya, penurunan efisiensi, dan kesalahan sistem lainnya. Agar panel surya dapat bertahan lebih lama.

Konsultasi, pengetahuan yang mumpuni dapat memberikan informasi tentang listrik tenaga surya, manfaat panel surya, persyaratan pemeliharaan, dan banyak lagi. Semua informasi yang diperlukan untuk memutuskan apakah akan melanjutkan pemasangan panel surya.

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis