Kellie's Castle di Ipoh, Perak

Kellie’s Custle yang Penuh Misteri di Ipoh

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Wisata sejarah dan menikmati kuliner. Itulah yang saya lakukan pada hari liburan pertama dan kedua di Negara Bagian Perak, Malaysia.

Setelah shalat subuh dan sarapan di Weil Hotel Ipoh saya menumpang taksi ke Kellie’s Castel yang terletak di Batu Gajah, Distrik Kinta, Perak, sekitar 30 menit.

Hari kedua di Malaysia memang saya ingin menghabiskannya di Negara Bagian Perak. Tujuannya untuk melihat peninggalan penjajahan Inggris, Kellie’s Castle, yang berada di Ipoh.

Setiba di lokasi, saya langsung berpose di depan kamera yang sudah disiapkan oleh petugas. Menyeberangi sungai melalui jembatan, saya mendaki puluhan anak tangga untuk masuk ke kastel yang penuh mistera itu.

BELUM SELESAI

 Kellie’s Custle di Ipoh

Kellie’s Castile adalah rumah yang belum selesai dan hancur, dibangun oleh seorang penanam Skotlandia bernama William Kellie-Smith. Menurut catatan yang berbeda, itu adalah hadiah untuk istrinya atau rumah untuk putranya.

Saya mengelilingi bangunan yang juga dikenal sebagai Kellie’s Folly ini. Bangunan yang mencerminkan pesona dan misteri, dari era kolonial di Malaysia. Terletak di dekat Batu Gajah, Perak, bangunan megah ini menggabungkan arsitektur Eropa yang megah dengan sentuhan eksotis Asia, menciptakan sebuah perpaduan yang unik dan menarik.

Mengelilingi Kellie’s Castle, pengunjung akan menemukan legenda-legenda menarik yang melingkupi pembangunan istana ini. Salah satunya adalah kisah tragis mengenai nasib William Kellie Smith yang meninggal dunia secara tiba-tiba.

PEKEBUN ASAL SKOTLANDIA

Kellie’s Castle adalah kastil yang terletak di Batu Gajah, Perak, Malaysia. Dibangun pada awal abad ke-20, kastil ini menarik perhatian pengunjung. Dibangun oleh pekebun asal Skotlandia bernama William Kellie-Smith, kastil ini adalah hasil dari ambisi besar seorang pria yang berdedikasi.

Menurut IDNTimes, Kellie’s Castle juga dikenal dengan Kellie’s Folly. Julukan ini merujuk pada keputusan William Kellie-Smith untuk membangun kastil di perkebunannya. Pembangunannya dimulai pada 1910. Sayangnya, pembangunan kastil ini tidak pernah selesai setelah kematian William Kellie-Smith pada 1926.

MEMILIKI 14 KAMAR

Pengunjung membaca sejarah pembangunan Kellie’s Custle

Meskipun tidak selesai, Kellie’s Castle memiliki 14 kamar yang memberikan pandangan tentang betapa megahnya kastil ini jika selesai dibangun. Daya tarik Kellie’s Castle adalah menaranya yang indah dan kokoh. Menara empat lantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Kellie’s Castle menyimpan rahasia tersembunyi di bawah tanah. Kastil ini memiliki beberapa terowongan yang membentang di bawah sungai. Cerita tentang hantu, suara aneh, dan pengalaman supernatural membuat kastil ini menjadi destinasi menarik bagi para peminat hal-hal mistis.

PENUH MISTERI

 Rumah penjaga yang penuh misteri

Kellie’s Castle adalah sebuah destinasi bersejarah yang memesona dengan pesona dan misteri yang unik. Dibangun oleh William Kellie-Smith, seorang pekebun asal Skotlandia, kastil ini mencerminkan ambisi besar sang pembangun untuk menciptakan sebuah istana megah yang memadukan gaya arsitektur Eropa dan sentuhan eksotis Asia.

Menyaksikan pemandangan alam dari dalam kastil ini, terlihat restoran dan kafe yang menyediakan makanan an minuman ringan. Namun saya tidak menikmati kulinter di sini.

NASI KANDAR

Saya melanjutkan perjalanan ke restoran nasi kandar yang terkenal. Banyak pilihan mulai dari ayam merah, udang goreng, telur ikan, daging sapi, kambing dan ikan sotong.

Nasi Kandar berasal dari Bangladesh adalah nasi putih yang dimakan dengan berbagai jenis masakan kari. Biasanya yang menjual Nasi Kandar adalah para pedagang Bangladesh keturunan India atau Tamil. Nasi kandar juga biasanya di sajikan dengan lauk-pauk yang lengkap.

Makan semakin nikmat dilengkapi dengan kerupuk. “Minta kerupuk dua,” kata istri saya. “Oh, kalau minta tak boleh. Bila mau beli boleh,” kata pelayanan dengan logat Malaysia yang kental. Tawa kami pun berderai.

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis