Tol Balikpapan-Samarinda Telah Rampung dan Siap Beroperasi

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: PT Jasa Marga menyatakan siap mengoperasikan Jalan Tol Balikpapan –Samarinda. Seluruh konstruksi Tol Balikpapan-Samarindah yang memiliki panjang 33 kilometer telah selesai per Juli 2021.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), perkembangan konstruksi tol tersebut telah mencapai 99,65 persen. Selain itu, proses pembebasan lahan berada di posisi 99,95 persen.

Sementara itu, tahap akhir ini ialah perihal pembebasan lahan di seksi 1 dan 5. Seksi 1 ini dimulai dari Kilometer 13-Samboja sepanjang 22,02 kilometer. Sementara seksi 5 dari Sepingan-Kilometer 13 dengan panjang 11,5 kilometer.

Untuk sumber pendanaan bagi seksi 1 dan 5 berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan gabungan antara anggaran negara dengan pinjaman dari China.

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan bahwa Tol Balikpapan-Samarinda ialah sarana konektivitas pendukung Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur dengan berbagai pusat bisnis lain. Selain itu, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda tercatat dapat memangkas waktu menjadi 1,5-2 jam, dari yang tadinya memerlukan waktu 3-4 jam.

You may also like

Comments are closed.

More in Jalan