Sumber: hutamakarya.com

Hakaaston Bangun Unit Produksi Chemical Construction

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang bergerak dalam industri manufaktur yakni PT Hakaaston (HKA) baru saja melakukan inovasi dan diversifikasi produk manufaktur.

HKA membangun unit baru yaitu Unit Chemical Construction untuk kebutuhan konstruksi. Berlokasi di Jalan Narogong KM.13, Bantargebang, Kota Bekasi. Unit baru ini khusus memproduksi produk-produk inovatif pendukung konstruksi seperti; HAKA FAST – HAKA RETARDER (Concrete Additive), HAKA SOIL (Soil Stabilizer), serta beberapa produk kimia konstruksi aspal dan beton yang sedang dalam tahap pengembangan.

Direktur Produksi dan Pemasaran HKA, M. Alfin Zaini menyampaikan bahwa pabrik Hakaaston berdiri di atas lahan seluas 7.695m2. HKA Berdiri sejak 1994, namun pada 2010 Hutama Karya mengakuisisi dengan nama Hakapole.

Alfin mengatakan bahwa HKA kembali mengaktifkan pabrik ini untuk mendukung operasional kegiatan Hakaaston. Produksi ini juga untuk memenuhi kebutuhan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Indralaya-Prabumulih.
3 PRODUK CHEMICAL INSTRUCTION

Sumber: hakaaston.co.id

HAKA SOIL merupakan produk inovasi aditif kimia yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas tanah sub-base sebelum dilakukan pekerjaan lapisan perkerasan selanjutnya. Dengan menggunakan HAKA SOIL maka nilai prosentasi CBR (California bearing ratio) tanah akan meningkat, mencegah intrusi air antar lapisan, dan memperbaiki kualitas jalan sehingga minim terjadi kerusakan.

Selain itu, keunggulan dari HAKASOIL adalah berkurangnya volume penggunaan material sub-base tanah serta efisiensi waktu karena pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih cepat.

Aplikasi HAKA SOIL dapat dengan efektif pada daerah yang sulit dijangkau oleh alat berat, dengan metode aplikasi yang sederhana. Pengaplikasian dapat secara swakelola oleh masyarakat sekitar.

“Kami berharap dengan adanya unit produksi baru ini dapat meningkatkan nilai inovasi yang berdampak langsung kepada masyarakat sekitar,” tutup Alfin.

Selain HAKASOIL, unit pabrik baru ini juga memproduksi concrete additive yakni HAKA FAST, merupakan aditif beton yang dapat meningkatkan kekuatan tekan awal tinggi dengan kecepatan aliran tinggi pada beton.

Campuran aditif untuk meningkatkan kekuatan tekan tinggi dengan kecepatan aliran yang dapat diatur pada beton. Campuran aditif untuk meningkatkan kekuatan tekan awal tinggi dengan kecepatan aliran rendah pada beton. Selan itu, campuran aditif untuk meningkatkan kekuatan tekan dan kemudahan pengerjaan pada beton.

Produk lainnya adalah HAKA-RETARDER yang berfungsi sebagai campuran aditif untuk memperlambat waktu pengerasan. Produk ini memungkinkan truck mixer mengirim beton siap pakai pada jarak tempuh yang jauh.

Hingga pertengahan 2021, HKA sudah melakukan produksi kimia konstruksi sebanyak 500.000 liter dengan meraih pendapatan 50% dari target RKAP yang ditetapkan. HKA sendiri sudah menyuplai sebanyak 400.000 liter ke beberapa proyek yang sedang digarapnya seperti proyek Bendungan Leuwikeris, proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Pabrik Precast HKA, dan Pabrik Spun Pile.

Baca juga: Mesin Beton Berteknologi Tinggi Zoomlion Masuk Pasar Eropa

 

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Properti