Progres Pembangunan Bendungan Ladongi Telah Mencapai 96 Persen

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Proses pembangunan Bendungan Ladongi sudah mencapai 95-96 persen. bendungan ini berada di Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Proyek ini merupakan salah satu dari 13 Bendungan Proyek Strategis Nasional (PSN). Adapun bendungan lain, yakni Bendungan Way Sekampung dan Karalloe yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo.

Pengerjaan pembangunan bendungan telah berjalan sejak 2016. Adapun proyen ini telah menelan anggaran APBN sekitar Rp1,2 triliun.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV, Chaeruddin C. Maddi mengatakan bahwa memiliki kapasitas tamping sekitar 45,2 juta meter kubik dengan luas genangan sekitar 246,13 hektare.

Selain itu juga sebagai sumber air baku sebanyak 0,12 meter kubik/detik. Dan potensi sumber pembangkit energi listrik sebesar 1,3 megawatt.

“Juga berfungsi sebagai pengendali banjir di wilayah hilir Sungai Ladongi dengan menahan air yang berlimpah saat musim hujan yang diperkirakan sebesar 132,25 meter kubik/detik,” tambahnya, Jumat (3/9/2021).

Pada minggu ketiga September 2021, Presiden Joko Widodo direncakan siap meresmikan Bendungan Ladongi.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti