Museum Sebagai Pabrik Ide Karya Seni

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Era saat ini, kebanyakan orang memandang museum sebagai tempat berkumpulnya benda-benda peninggalan dari zaman dahulu. Baik itu zaman prasejarah, hindu-budha, kolonial, maupun kemerdekaan.

Jarang orang melihat museum sebagai tempat yang cukup inspiratif, pemicu rasa keingintahuan ataupun pabrik ide. Museum masih lekat dengan label kuno, membosankan, dan kaku.

Bahkan dalam dunia film pun begitu. Kita mungkin akan kesulitan ketika mencari film yang berlatar di museum. Paling, hanya menjadikan museum sebagai salah satu tempat adegan berlangsung. Misalnya saja seperti film “Si Doel The Movie” yang megambil museum sebagai lokasi di beberapa adegannya.

Agak berbeda dengan perfilman di Hollywood. Dari sanalah muncul sebuah film yang belakang seluruh ceritanya berada di museum. Kita sebut saja salah satunya adalah “Night at The Museum”.

Oleh karena begitu sedikitnya dari insan perfilman Indonesia yang membuat film dengan tema atau latar belakang museum, Komunitas Jelajah bersama Museum Penerangan menghadirkan webinar daring yang berjudul “Museum sebagai Pabrik Ide dan Kreativitas Bikin Film”.

Acara tersebut telah terselenggara pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Adapun kegiatan digelar  melalui platform Zoom.

Ridwan Kamil hadir sebagai pembicara kunci, lalu ada pembicara-pembicara lainnya. Adapun beberapa pembicara tersebut, yakni Ody Mulya Hidayat selaku produser film, Antonio Blanco selaku aktor film, dan Musiana Yudhawasthi yang mewakili kalangan akademisi.

Komunitas Jelajah yang mengusung kegiatan ini berharap bahwa nantinya dapat memantik para peserta, masyarakat, atau khususnya insan perfilman untuk bisa menggarap film dengan cerita dan lokasi di museum.

Artikel sudah tayang di Indowork.id dengan judul, Museum, Pabrik Ide Membuat Film

Baca juga: Tempat Pembuangan Akhir Berbasis Lingkungan Edukasi di Banyumas Capai 40 Persen

 

You may also like

Comments are closed.

More in Properti