Interchange Kotabaru Jalan Tol Trans Sumatera, Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar

Hutama Karya: Pembangunan Tahap II Trans Sumatera Akan Mulai pada Pertengahan 2022

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: PT Hutama Karya akan mulai pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) tahap II pada pertengahan 2022.

Pada pembangunan Tahap II, akan ada 3 ruas yang masuk dalam tahap ini. Adapun ketiganya adalah ruas Tol Betung-Tempino-Jambi dengan total panjang 169 km dengan nilai investasi Rp25,201 triliun, ruas Tol Jambi-Rengat yang membentang 198 km dengan nilai Rp34,199 triliun dan ruas Tol Rengat-Pekanbaru sepanjang 207 km dengan nilai Rp43,474 triliun.

Ketiganya memiliki total panjang mencapai 574 kilometer. Sementara itu, total nilai investasi pembangunan ruas JTTS tahap kedua mencapai Rp102,794 triliun.

“Pendanaannya salah satunya dari PMN. Untuk pembiayaan tahap II ruas JTTS ini kami terus berkoordinasi dengan pihak Kementerian Keuangan,” tambahnya.

Iwan Hermawan selaku Pj EVP Divisi Perencanaan Jalan Tol Hutama Kary menjelaskan bahwa pada saat ini, pengerjaan Tahap II masih mematangkan desainnya.

“Setelah desainnya matang, baru dapat dipastikan konstruksi bisa dimulai. Kira-kira pertengahan 2022,” tuturnya, pada Selasa (16/11/2021).

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono mengatakan bahwa pembangunan tol Trans Sumatra terbagi atas 4 tahap.

Adapun tahap pertama tengah dikerjakan. Sementara untuk tahap II sedang dalam tahap penyiapan dan tengah diupayakan pinjaman luar negeri. Tahap II ini tengah dalam tahap finalisasi penyelesain desain.

Sedangkan untuk tahap III, berada di jalur utama yakni dari Dumai – Kisaran dan Langsa – Sigli. Saat ini tahap ketiga juga  tengah dilakukan penyiapan. Dan untuk tahap IV berada di jalur penghubung seperti Sibolga – Parapat.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti