Tol Akses BIJB Kertajati Resmi Beroperasi

INFRASTURKTUR.CO.ID, JAKARTA:  Setelah mendapatkan sertifikat laik operasi pada 6 Desember 2021, Jalan Tol Akses Bandara Jawa Barat (BIJB) Kertajati akhirnya resmi beroperasi.

Pengerjaan tol ini mulai sejak Septerber 2020 lalu dan rampung pada September 2021. Adapun kontraktor pelaksana PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT ACSET Indonusa Tbk. senilai Rp692 miliar.

Adapun tol ini memiliki total panjang keseluruhan mencapai 3,38 kilometer. Tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Cipali dari 158+700. Selain itu juga akan terkoneksi dengan Tol Cisumdawu.

Dengan hadirnya tol akses BIJB ini akan memangkas jarak tempuh dari Bandung menuju Bandara Kertajati. Jarak tempuh yang tadinya sekitar 160-180 km menjadi hanya 60 km.

Selain itu, kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit hadirnya tol ini mampu mendukung pembangunan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi. Segitiga kawasan tersebut, yakni Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, dan Kawasan Industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

You may also like

Comments are closed.

More in Jalan