Presiden Resmikan Bendungan Pidekso di Wonogiri

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Presiden Joko Widodo telah meresmkan Bendungan Pidekso, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Selasa (28/12/2021). Sebelum meresmikan Bendungan, Presiden telah meresmikan Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara.

Bendungan tersebut memiliki kapasitas 25 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 232 hektare. Dengan total tersebut, bendungan dapat mengairi lahan mencapai 1.500 hektare di Kabupaten Wonogiri.

Selain itu, bendungan juga mampu menyediakan air baku sebesar 300 liter/detik, serta dapat mereduksi banjir sebesar 322,60 meter kubik/detik.

Tak hanya itu, bendungan juga berfungsi sebagai pengendali banjir, lahan konservasi, dan destinasi pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan bendungan mulai sejak 2014 untuk tahap pembebasan lahan, dan 2017 untuk tahap konstruksi. Biaya pembangunan bendungan mencapai Rp 772 miliar.

Ia melanjutkan bahwa jiak Indonesia ingin kemandirian pangan, kedaulatan pangan, dan ketahanan pangan, maka keberadaan waduk merupakan kunci untuk itu semua.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti