Setelah Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Berikutnya Jakarta-Semarang, Lalu Jakarta-Surabaya

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan proyek-proyek yang jadi prioritas pada tahun 2022, setelah rute Jakarta Bandung, yaitu Kereta kecepatan tinggi Pulau Jawa mulai dari Jakarta-Semarang .

Selain itu, melakukan pendampingan pelaksanaan perancangan dasar jalur kereta api tambahan Jakarta-Surabaya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri

“Dan kita melakukan proyek sistem angkutan umum massal perkotaan di 6 wilayah metropolitan. ada beberapa wilayah yang dikembangkan di beberapa wilayah aglomerasi yaitu Mebidangro, Bandung Raya, Jabodetabek, dan Gerbang Kertasusila,” kata dia.

Untuk proyek Jakarta-Bandung, Kementerian Perhubungan akan melakukan penataan Stasiun Padalarang dan Stasiun Bandung yang digunakan untuk konektivitas kereta cepat Jakarta-Bandung.

Kementerian Perhubungan mengebut pembangunan proyek transportasi khusus kereta api di sejumlah daerah agar tidak terbengkalai.

Ia mengatakan proyek kereta api yang akan dikebut salah satunya Kereta Api Lintas Makassar-Parepare.

“Pekerjaan kereta api yang dikhawatirkan akan terbengkalai di antaranya, KA Makassar-parepare, kereta api bagian Sumatera Utara, Kereta Api Aceh, dan LRT Sumsel, Ini memang fokus kita untuk menyelesaikan sebelum tahun 2024,” ujar Zulfikri dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR RI.

Menurut Zulfikri transportasi kereta api tersebut tidak hanya terbangun secara fisik saja, juga dipastikan sampai beroperasi dan bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Selesai dalam arti, sudah beroperasi, tidak hanya terbangun hanya fisik, kita harus memikirkan jalur kereta yang kita bangun bisa dimanfaatkan, anggaran kita fokuskan pada penyelesaian pengoperasian jalur-jalur tersebut,” kata dia.

 

You may also like

Comments are closed.

More in Properti