Ulang Tahun ke-34 LPDS Tampilkan 3 Perempuan Hebat

INDOWORK.ID, JAKARTA: Perayaan ulang tahun ke-34 Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menampilkan tiga perempuan. LPDS berdiri pada 23 Juli 1988 atas inisiasi para tokoh pers nasional.

Tiga perempuan hebat yaitu I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Nurul Arifin, dan Sylviana Murni akan membahas pergulatan perempuan menembus parlemen. Mereka akan berdiskusi dalam webinar bertema Meningkatkan Kuota Suara Perempuan di Parlemen.

LPDS menggandeng Bank Rakyat Indonesia Tbk. menggelar webinar itu pada Sabtu, 23 Juli 2022. “Ini dalam rangaian ulang tahun ke-34 LPDS,” kata Indria Prawitasari, Manajer Program lembaga pers tersebut.

Webinar yang dipandu oleh wartawan senior Lahyanto Nadie itu akan berlangsung selama 2 jam dari pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

PERTAMA DARI BALI

Bintang Puspayoga (foto wikipedia)

Pembicara pertama adalah I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju. Ia adalah istri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Bintang Puspayoga adalah wanita Bali pertama yang terpilih sebagai menteri.

Perempuan kelahiran  24 November 1968 di Denpasar ini adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Ia meraih gelar sarjana dari Universitas Ngurah Rai.

DARI ARTIS KE SENAYAN

Nurul Arifin

Sedangkan Nurul Arifin adalah adalah seorang aktivis, pemeran, dan politikus keturunan Belanda dan Sunda. Sebelum berkarier di dunia politik, ia dikenal sebagai seorang pemeran film.

Artis kelahiran 18 Juli 1966 di Bandung ini adalah istri dari wartawan senior Mayong Suryo Laksono. Mereka menikah pada 1991 dan dikaruani dua anak yaitu Maura Magnalia Madyarti (mendiang) dan Melkior Mirari Manusaktri.

Nurul aktif di politik setelah menjadi kader Partai Golongan Karya. Anak dari Anne Marie dan Mohammad Yusuf Arifin ini pernah meraih penghargaan dalam Festival Film Bandung untuk pemeran utama wanita terpuji film bioskop.

NONE JAKARTA JADI PROFESOR

Sylviana Murni

Pembicara kunci yaitu Sylviana Murni merupakan gadis Betawi yang memulai karir sebagai None Jakarta pada 1982. Kini perempuan bergelar profesor dari Universitas Negeri Jakarta itu adalah Ketua Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jakarta. Sylvi berkarir sebagai birokrat di lingkungan pemerintahan DKI Jakarta. Ia menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta pada tahun 2015 sampai 2016 dan juga pernah menjadi Wali Kota Jakarta Pusat periode 2008-2010.

Perempuan kelahiran Jakarta, 11 Oktober 1958, menikah dengan pria Bali bernama Gde Sardjana pada 1983 dan dikarunia dua anak yaitu Monica Andalusia dan Shandy Aditya. Anak dari HD Moerdjani dan Ni’mah ini pernah menjadi kader Partai Demokrat dan menjadi calon wakil gubernur pada Pilkada DKI pada 2014.

Webinar akan dipandu oleh Lahyanto Nadie yang kini aktif sebagai penguji kompetensi wartawan di LPDS. Lahyanto juga banyak menulis buku a.l. Grow Fast Grow Fair, Signature of The Nation, Media Massa dan Pasar Modal, Nasionalisme Sang Penyiar, Anak Betawi Puncak Telkom Landmark Tower, Dedengkot Betawi serta beberapa buku korporasi dan biografi. Dalam 5 tahun terakhir ia menerbitkan sedikitnya 22 buku melalui penerbit Pustaka Kaji.

 

 

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Humaniora