Anies R. Baswedan Dipandang Sebagai Pemimpin Visioner 2024

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Agak sulit menafikan realitas bahwa Anies Rasyid Baswedan (Anies) merupakan pegas politik paling menonjol saat ini.

Rakyat memandang figur menjadi faktor utama ketimbang tantangan yang akan dihadapi, Anies menjadi figur pemimpin tempat rakyat menitipkan asa. Kepemimpinannya sebagai Gubernur Jakarta, sejak 16 Oktober 2017 yang tak pernah sepi dari bulian perisakan (bully), cercaan, dan pujianmenyibak fakta ironis yang pahit: bangsa ini punya banyak petinggi, akan tetapi miskin pemimpin; punya banyak politisi, namun hanya memiliki sedikit negarawan.

Keberadaan Anies didukung oleh pencapaian visionernya dan tindakan yang menjadi kenyataan, terutama oleh kemauan dan kemampuannya untuk memenuhi janji-janji politik. Dibandingkan dengan banyak karakter lainnya, Anies telah melalui proses tempaan alami selama 4 tahun terakhir. Dan Anies terus tumbuh dan matang sebagai seorang pemimpin.

Sosok Pemimpin Yang Sigap

Berbekal ilmu pengetahuan yang luas dan kerja profesional. Anies sebagai bagian integral dari gaya hidup kreatif, inovatif, berkelanjutan (sustainable), menunjukkan ia adalah sosok pemimpin masa depan yang siap menjawab beragam tantangan utama.

Anies dipandang menjadi sosok pemimpin yang relevan untuk menjawab tantangan masa depan. Maknanya adalah Anies akan menjadi faktor yang sangat menarik bagi partai politik untuk mengangkat eksistensi (popularitas dan elektabilitas) menjelang Pemilu.

Sebagai sosok nasionalis religius yang merupakan potret insan Pancasilais. Anies adalah sosok pemimpin yang mungkin memberi nilai lebih demokrasi sebagai cara mencapai harmoni – keseimbangan kebangsaan.

Inilah yang antara lain membuat Anies mudah menempati posisi sebagai subyek dalam dialog pemikiran di segala lingkup (nasional-internasional). Terutama, karena Anies memberikan cara (the way of solution) dan bukan alasan (reason) ketika menghadapi masalah.

Ia memiliki watak trouble shooter dan solution hunter  yang menjadi keperluan dalam kepemimpinan dunia. Kepekaan Anies terhadap persoalan-persoalan kemanusiaan dan keadilan, disertai dengan sikapnya yang inklusif, demokratis, egaliter, dan kosmopolit akan membuatnya siap berinteraksi dengan perubahan besar dunia.

Termasuk di antaranya adalah merespons arah baru transformasi dari globalisme yang timpang ke arah universalisme berbasis ekuitas dan ekualitas.

Universe Prosperity

Anies mempunyai daya menggagas  universe prosperity kesejahteraan semesta dengan menyeimbangkan ekologi, ekosistem, termasuk pengembangan ekonomi hijau yang tak usai dibincangkan sejak dekade 2010-an.

Dalam konteks politik, Anies adalah sosok pemimpin Indonesia kini yang sangat fasih memahami, menerjemahkan, dan mengelola hakikat bhinneka tunggal ika secara aktual dan sesuai dengan nilai-nilai hidup postmodernism dan post industrial society.

Menempatkan pluralisme dan multikulturalisme secara proporsional dan tepat, sebagai keniscayaan dan pangkal perjuangan manusia menuju  one earth, one world.

Partai-partai politik yang mempunyai ikatan historis dengan Anies langsung tak langsung dengan kader-kader internal yang mumpuni, tidak terjebak pada orientasi pragmatisme politik (apalagi terjebak dalam politik transaksional).

Dan tidak tercemar rasuah boleh diprediksi akan melesat bersama. Rakyat paham, parpol mana saja yang menyediakan harapan hidup lebih baik hari esok.

 

You may also like

Comments are closed.

More in Humaniora