Inalum Berperan Penting dalam Industri Otomotif Nasional

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Inalum (PT Indonesia Asahan Aluminium) merupakan salah satu produsen aluminium paduan terkemuka di Indonesia. Dalam memproduksi alloy, Inalum harus memenuhi spesifikasi yang diinginkan pelanggan dan menjalankan aktivitas R&D secara terus menerus untuk memenuhi pangsa pasar sektor otomotif.

Kewajiban TKDN Membantu Inalum Memperoleh Pasar

Dalam hal ini, kewajiban TKDN yang telah diterapkan pemerintah selama ini telah membantu Inalum memperoleh pasar. Meski demikian, tanpa kualitas serta jaminan pasokan yang konsisten dari Inalum, mustahil pabrikan otomotif maupun produsen komponen menggunakan produk perusahaan tersebut.

Namun, penguatan dan kemajuan Inalum sangat diharapkan bagi pengembangan industri otomotif nasional. Saat ini, kemampuan produksi Inalum yang telah mencapai 250.000 ton per tahun belum mampu menutup kebutuhan bahan paduan aluminium di dalam negeri.

Di dalam negeri, produksi aluminium jumlahnya bisa mencapai lima kali lipat produksi eksisting. Oleh karena itu, Inalum perlu meningkatkan kemampuan produksinya untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri dan juga pasar global.

Inalum Berperan dalam Rantai Pasok EV dan Industri Otomotif yang Terintegrasi

Seiring dengan tren otomotif global, Inalum akan memainkan peran yang lebih besar pada era EV. Aluminium yang lebih ringan dibandingkan baja serta lebih mudah didaur ulang dinilai mencerminkan nilai ramah lingkungan yang sangat digarisbawahi pada masa EV nanti.

Dalam supply chain produksi otomotif, Inalum berperan sebagai penyedia material dasar aluminium. Khusus untuk Inalum, produk yang dihasilkannya berasal dari proses ramah lingkungan (bersumber dari hydro power).

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis