MLFF Akan Diujicoba Pada Lima Ruas Tol, Ini Daftarnya

INFRASTRUKTUR.CO,ID, JAKARTA: Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dalam keterangan resmi kepada pers di laman virtual kementerian, menyatakan pemerintah berencana menerapkan uji coba sistem pembayaran nontunai nirsentuh (MLFF) pada lima ruas tol.

Uji coba tahap awal direncanakan pada ruas Tol Bali Mandara pada Juni 2023. Selama uji coba dan masa transisi, masih akan ada palang pintu tol untuk mengecek kesiapan pengguna tol, termasuk pendaftaran kendaraan, penggunaan aplikasi sistem transaksi nontunai dan nirsentuh (cantas), dan saldo pembayaran.

Penerapan pembayaran nirsentuh melalui aplikasi telepon seluler atau ponsel cerdas itu akan dilakukan secara bertahap, melalui transisi dari sistem pembayaran tol nontunai menggunakan kartu elektronik (e-toll).

Terdapat lima ruas jalan tol lain yang akan menjadi prioritas uji coba pada Desember 2023, di antaranya:

  1. Tol Balikpapan-Samarinda

2. Tol Jagorawi

3. Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR)

4. Tol Jakarta-Cikampek

5. Tol Bali Mandara

Uji coba MLFF bertujuan menguji sistem, risiko, dan mitigasi terhadap penerapan MLFF. Jalan Tol Bali Mandara yang merupakan satu-satunya tol di Bali dipilih untuk uji coba MLFF karena jalan tol relatif pendek sehingga risikonya lebih terkontrol. Dari uji coba itu, pemerintah akan mengevaluasi sistem baru itu, meliputi cara pembayaran, akurasi data, hingga sanksi terhadap pelanggaran.

Secara berkala akan dilakukan operasi pengawasan. Pengguna tol yang tidak membayar akan dikenai denda besar. Pemerintah juga akan menyiapkan regulasi untuk pengenaan sanksi atau denda terhadap pelanggaran.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline