Inilah 6 Rekomendasi KSBND DKI Jakarta Kepada Gubernur

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) DKI Jakarta siap menggelar kegiatan budaya berskala internasional untuk membangun brand organisasi itu dan meningkatkan kesejahteraan seniman. Itulah rekomendasi KSBN DKI Jakarta yang akan disampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta.

KSBN adalah perkumpulan yang membentuk, mengkoordinasi, memfasilitasi serta mengembangkan berbagai asosiasi, komunitas seni budaya di seluruh Nusantara. “Rekomendasi kami enam poin,” kata Imron Yunus, Ketua KSBND Jakarta, Kamis, 6 April 2023 di Kafe Tajammu, Pondok Kopi, Jakarta Timur.

ENAM REKOMENDASI

Para peserta rapat rekomendasi

Keenam rekomendasi itu adalah:

Pertama, menggelar event budaya tingkat internasional.

Kedua, siap melakukan kolaborasi dengan Pemerintah DKI Jakarta dalam mengembangkan budaya.

Ketiga, mendukung seluruh program budaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Keempat, meningkatkan kesejahteraan para pelaku seni budaya.

Kelima, mendirikan koperasi dan UMKM bersama para pelaku seni budaya.

Keenam,  melakukan sinergi kepada pemangku kepentingan terutama dunia usaha, akademisi, dan masyarakat madani.

Imron menjelaskan bahwa visi KSBN adalah menjadi organisasi seni budaya Nusantara unggulan di forum nasional dan internasional.   Sedangkan misinya menjadi wadah bagi asosiasi, komunitas seni dan budaya di seluruh provinsi di Indonesia. “Misi lainnya adalah melindungi dan melestarikan budaya nusantara,” ujar tokoh  Betawi yang juga Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan tersebut.

Bagi Imron, mengembangkan, memanfaatkan, dan membina budaya adalah bagian dari misi yang tidak terpisahkan.

Itulah sebabnya ia yakin tujuan KSBN untuk meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia akan tercapai. Di tengah peradaban dunia melalui perlindungan, pelestarian, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan, ia terus gencar kegiatan budaya.

RAPAT KERJA

Dalam bagian lain ia menjelaskan bahwa KSBND DKI Jakarrta telah menggelar rapat kerja yang memberikan rekomendasi enam poin tersebut.

Ketua panitia rapat kerja Gini Mustafa menjelaskan bahwa selama raker pada 29-30 Maret 2023 di Vila Shan, Cipayung, Bogor, Jawa Barat banyak program yang dijalankan. Di KSBN DKI Jakarta Gini sebagai Kepala Bidang Organisasi dan Kerja Sama. Pekerjaan selanjutnya adalah mensukseskan World Dance Day (WDD) yang digelar di Jakarta. Dalam event besar ini Gini sebagai bendahara.

WDD akan digelar di Kota Tua pada 6 Mei 2023 yang melibatkan 10.000 penari. “Gelaran ini akan menarik minat turis dari manca negara,” kata Direktur Utama Aira Mitra Media, perusahaan yang bergerak dalam event organizer.

Hadir dalam rapat tersebut para seniman dan budayawan a.l. maestro permainan dan olah raga tradional Sarmadi Saleh,musikus keroncong Januar Lubis, pegiat ondel-ondel Yogie Ahmad Syaukie, seniman lenong Andi Supardi, arsitek Idoy Dorry Herlambang, dan pemilik batik Betawi Ratu Gobang Ethys Mayosi.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline