Rotary Jakarta, Mengenal Lebih Dekat Budaya Betawi

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Spouse Program Rotary District Conference Jakarta 2023 digelar pada Sabtu, 13 Mei, di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Perhelatan ini pasti berbeda dan berkesan karena Jakarta banget dan penuh edukasi tentang budaya Betawi,” kata Lusia Effendi, pengurus Rotary District 3410.

Aktivitas dalam kegiatan itu terbagi dalam tiga bidang yaitu budaya, pendidikan, dan ekonomi. “Selain mengenal budaya Betawi, kami akan mempelajari sejarah, tarian dan masakann bersama seniman,” katanya, Rabu, 12 April 2023 saat bertemu dengan Forum Pengkajian dan Pengembangan Perkampungan Budaya Betawi.

Untuk bidang ekonomi, katanya, Rotary akan membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masyarakat Betawi dengan membeli prodiuk berupa batik, kerajinan dan makanan.

Lusia datang bersama pengurus lainnya yaitu Yvonne Pangemanan, Meinar Simangunsong, Aulia, Yanti, dan Brigitta Natali. Sementara itu tuan rumah dari Forum Jibang adalah Rusdi Saleh, Sibroh Malisi, Indra Sutisna, Roosyana Hasbullah, Yahya Andi Saputra, Yoyo Muchtar,  Lahyanto Nadie, dan Apriyansyah.

PEMIMPIN PERUSAHAAN DAN PROFESIONAL

Menurut Yvonne, Rotary adalah organisasi nirlaba internasional yang tersebar di 200 negara. Anggotanya terdiri dari para pemimpin perusahaan dan profesional. “Tujuan Rotary adalah untuk memberikan layanan kepada masyarakat dan menyebarkan kedamaian dan kemitraan antara bisnis, profesional dan komunitas kami,” kata wanita lulusan Universias Padjadjaran, Bandung, tersebut.

Rotary Club Internasional District 3410 telah berdiri selama lebih dari 50 tahun dan terlibat aktif dalam pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, program pendidikan, kebudayaan, dan perdamaian.

Meinar menjelaskan bahwa program itu akan dihadiri oleh Nur Asia Sandiaga, istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Acaranya a.l. ngobrol bareng tokoh Betawi, workshop pembuatan kerak telor dan kembang goyang. “Mereka yang hadir adalah pasangan Rotarians, pertukaran budaya dari Norwegia, Filandia, Kanada, dan Prancis.”

HADIAH BUKU

Di akhir pertemuan Yahya Andi Saputra memberikan buku karyanya yang berjudul Betawi Megapolitan, Merawat Jakarta Palang Pintu Indonesia kepada Lusia. Buku tersebut diserahkan oleh Chairman Pustaka Kaji, penerbitnya.

Perempuann yang energetik itu pun berpantun:

Saya datang dari Kelapa Gading

Berkunjung ke Setu Babakan

Sekarang kita dapat bersanding

Ini semua karena kehendak Tuhan

The Rotary Jakarta Spouse Program was held on Setu Babakan on Monday, April 1, 2019. The program was attended by 68 participants, comprised of 42 spouses of Rotary Jakarta members as well as invited guests, to celebrate culture and friendship.

The program began with an opening ceremony that included singing of the national anthem and a presentation by the Rotary Jakarta Ambassador. After which, the participants were engaged in a series of activities that ranged from a sing-along of traditional folk songs to a taste-testing of traditional Indonesian cuisine.

In addition to the cultural activities, the program included seminars on health and wellness. The seminars focused on the important roles that spouses of Rotarians can play in cultivating healthy relationships and healthy lifestyles. Educating participants on proper nutrition, physical activity habits, and stress management techniques, the seminars provided participants insight into the importance of healthy habits and practices.

The highlight of the program was a silent auction that attracted many participants who contributed to the local community. The silent auction raised more than USD $5,000, which will be donated to local charities and initiatives.

In closing, the Rotary Jakarta Spouse Program was a great way to foster friendship, exchange cultural experiences, and support the local community. The program was an important reminder that the strength of a community is in celebrating togetherness and solidarity.

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis