Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Fungsional Sebanyak 3 Seksi

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) beroperasi secara fungsional pada Selasa (18/4/1023). Akses tersebut terbuka untuk arus mudik Lebaran. 

Untuk alasan keamanan dan keselamatan operator akan membatasi operasional jalur tol tersebut.

Tol Cisumdawu sepanjang 62 kilometer menghubungkan Jawa Barat bagian selatan, seperti Bandung, dengan wilayah utara, yakni Majalengka dan Cirebon. 

Jalan tol ini terbagi menjadi enam seksi. Saat ini, pengendara hanya bisa melintas hingga seksi 3, dari Cileunyi hingga Cimalaka di Sumedang.

Terowongan di Jalan Tol Cisumdawu yang menjadi ciri khas

Dari Cimalaka, pengendara lalu melintasi jalur arteri dengan waktu tempuh sekitar sejam untuk menuju Gerbang Tol Kertajati jika ingin mengakses Jalan Tol Cikopo-Palimanan. 

Sebelumnya, seksi terakhir Tol Cisumdawu itu belum sepenuhnya tuntas. Pekan lalu, masih terdapat satu titik longsor. 

Area istirahat dan penerangan jalan umum juga belum beroperasi. Jalur itu pun hanya memiliki dua lajur, bukan empat lajur. Kendaraan pun hanya bisa ke satu arah.

Tol Cisumdawu beroperasi fungsional hingga seksi akhir pada Selasa nanti untuk melayani pemudik Lebaran ke arah Jawa. 

Pemudik dari arah Bandung ke timur tidak perlu lagi memutar lewat Tol Cipularang dan menumpuk dengan pemudik dari Jakarta di GT Cikampek.

Kabarnya, polisi akan menerapkan sistem buka tutup arus di pertigaan Cimalaka. Jalur ini pertemuan dari GT Cimalaka, Sumedang Kota, dan Cirebon. Selain hanya terdapat dua lajur, di titik itu juga terdapat pasar.

 

You may also like

Comments are closed.

More in Headline