Jabodetabek Kembali Normal Usai Libur Lebaran 2023

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: DKI Jakarta dan kota di sekitarnya multi menggeliat padat setelah libur Lebaran Ipul Fitri 1444 H. Terhitung Selasa, 02 Mei 2023 Anak sekolah da pekerja (baik dari sektor swasta maupun pegawai negeri) mulai beraktivitas kembali.

Meski pemerintah memberikan pengumuman bahwa cuti lebaran hanya sampai 25 April 2023, karena kekhawatiran macet yang diprediksi akan terjadi di Jalan Tol Cikampek karena arus Bali pada 24-25 April 2023, maka Presiden Jokowi memberikan himbauan kepada rakyat diperbolehkan WFH dari kampung.

Alhasil, rekayasa lalu lintas berjalan lancar sehingga kepadatan arus balik dapat terkendali dengan baik. Kini semua hiruk pikuk lalu lintas sudah selesai, meskipun ada 19% pemudik yang diperkirakan belum balik ke Jabodetabek.

Kini, kemacetan pun tak terhindarkan di jam kerja serta pulang kantor. Nicko salah seorang pekerja yang berkantor di Sunter Jaya berangkat dari rumahnya di Joggol pukul 05.00 WIB untuk menghindari kemacetan.

Ternyata benar adanya, sudah dua hari pada 2-3 Mei 2023 kendaraan yang melintas dari Bogor ke Cawang untuk masuk ke Tol Dalam Kota sudah penuh sesak. Akhirnya dia memilih untuk masuk ke Jakarta Outer Ring Road untuk masuk Tol Kelapa Gading.

Kepadatan di Bus Transjkarta


Tidak jauh berbeda dengan pantau penulis di koridor halte dan bus TransJakarta. Antrian penumpang serta kepadatan di dalam bus sudah kembali normal. Terliat penumpan dari karyawan yang ingin pergi ke kantor sampa dengan siswa berseragam, serta mahasiswa yang akan berangkat kuliah. 

Berdasarkan catatan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, sebanyak 238.091 mobil masuk ke Jakarta melalui jalan tol dari sejumlah daerah penyangga sekitar Ibu Kota. 

Kemacetan di Jalan Tol Jagorawi

Rinciannya, sebanyak 137.776 unit masuk melalui ruas Tol Dalam Kota, 127.503 unit masuk melalui ruas Tol Sedyatmo, dan 107.477 unit masuk ke Tomang dari Tol Jakarta-Tangerang.

Jumlah ini meningkat dibandingkan pada hari pertama dan kedua Lebaran, yakni pada 22 April sebanyak total 211.206 kendaraan dan 23 April sebanyak 214.070 kendaraan.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline