Penting, Pertahankan Mekanisme Harga yang Adil di Bursa Efek

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Sahabat investor, Sekedar pendapat. Fungsi utama sebuah bursa, menurut saya, adalah price discovery. Menyediakan sarana bagi terbentuknya harga yang terpercaya.

Harga adalah titik temu semua kepentingan di bursa. Nilai portfolio dan kekayaan yang dimiliki oleh seseorang / organisasi dihitung berdasar harga yang terjadi di bursa. Pajak yang dipungut negara atas aset yang ditransaksikan di bursa, ditentukan berdasar harga yang terjadi di bursa.

Harga yang terbentuk menjadi pertimbangan utama apakah sebuah unit usaha akan memanfaatkan pasar modal sebagai sumber pendanaan. Harga di bursa mencerminkan ekspekstasi perolehan dana sekaligus tolok ukur biaya dana.

BUKAN CARI UNTUNG

Harga yang terbentuk di bursa merupakan benchmark bursa itu sendiri sekaligus leading indicator perekonomian. Pokoknya harga merupakan stimulus yang menggerakkan semua keputusan ekonomis!

Karena itu, tugas utama sebuah bursa efek, bukan cari untung. Tapi memelihara agar mekanisme pembentukan harga yang terjadi di dalamnya, terpercaya. Adil dan transparan. Level playing field. Tanpa kemampuan menyediakan harga yang terpercaya, tidak ada gunanya bursa efek.

Pasar modal bisa berjalan tanpa bursa efek. Securities Crowd Funding akan membuktikan bahwa bursa efek tanpa kemampuan menyediakan harga terpercaya, hanya sebuah mudarat bagi perekonomian!

Bursa efek adalah organized market. Karena dia menyediakan sarana bagi kepentingan orang banyak. Transaksi many to many. Bukan urusan kepentingan suatu pihak. Transaksi – bila disepakati pembeli dan penjual – bisa terjadi dimana saja. Tak butuh bursa. Transaksi single sellermulti buyers bisa minta jasa balai lelang. Tidak butuh bursa. Transaksi single buyermulti seller, semacam transaksi listrik PLN dengan produsen, juga tidak butuh bursa

Good price discovery mechanism akan terbentuk bila pelaku transaksi bersifat atomic. Artinya tidak ada satu pihak pun secara individu mampu menentukan dan mengendalikan harga. Sektor riil saja membutuhkan aturan persaingan usaha, agar unit usaha tidak mati terbunuh melalui mekanisme pembentukan harga yang tidak adil. Apalagi sebuah bursa efek

Karena itu, bila ada seseorang atau suatu pihak, baik karena kekuatan finansial maupun posisi sebagai orang dalam – apalagi menggunakan cara cara manipulatif – mampu membentuk dan mengendalikan harga, maka manajemen bursa efek dan otoritas harus hadir untuk mengeliminasi efek destruktif dari harga semu.

SEMU DAN MANIPULASI

Hasan Zein Mahmud

Bursa efek dengan harga semu hasil manipulasi, lebih buruk daripada judi. Jauh lebih unfair dari perjudian!. Tidak ada win-win. Hanya ada win – lose, zero sum game, dengan ketimpangan yang mematikan. Membuka luas kesempatan untuk menggunakan trik trik yang merontokkan karakteristik fairness. Sekaligus membuka jalan tol bagi mereka yang unggul secara finansial dan posisi untuk mengorbankan dan memakan mereka yang lemah dan terpinggirkan.

Sekali lagi, harga adalah impuls yang menggerakan semua keputusan ekonomis. Harga semu menggiring keputusan keliru yang menghancurkan. Legitimasi kehadiran sebuah bursa efek, dalam pandangan saya, terletak pada kemampuannya menjaga mekanisme pembentukan harga yang adil dan transparan.

*) Ditulis oleh Hasan Zein Mahmud, Redaktur Khusus Infrastruktur.co.id

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis