Gempa Bumi Magnitudo 6.4 Guncang Bantul dan Sekitarnya, Akibatkan Kerusakan

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA : Yogyakarta, 30 Juni 2023 Gempa bumi berkekuatan 6.4 magnitudo mengguncang Kabupaten Bantul dan sekitarnya di Provinsi D.I Yogyakarta pada hari Jumat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini terjadi pada pukul 19:57:43 WIB dengan pusat gempa berada di laut. Meskipun memiliki kekuatan yang signifikan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Menurut parameter sementara yang dirilis oleh BMKG, gempa ini memiliki lokasi episenter pada koordinat 8,63° LS dan 110,08° BT, terletak sekitar 81 km arah selatan Kota Wates. Kedalaman gempa mencapai 25 km. Analisis menunjukkan bahwa gempa ini merupakan jenis gempa tektonik menengah yang disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Mekanisme pergerakan gempa tersebut adalah naik (thrust fault).

Dampak gempa terasa di beberapa wilayah sekitarnya. Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo merasakan guncangan kuat selama sekitar 20 detik, sementara Kota Surakarta merasakan guncangan selama sekitar 5 detik. Masyarakat di daerah tersebut panik dan berlarian ke luar ruangan sebagai langkah pengamanan. Saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa ini, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan monitoring terkait dampak yang mungkin terjadi.

Jangan Panik

Selain guncangan utama, BMKG juga mencatat adanya gempa susulan setelah gempa utama terjadi. Hingga pukul 20:40 WIB, tercatat sebanyak 5 gempa susulan dengan magnitudo terbesar mencapai M4,5.

BMKG mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa serta memastikan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. BMKG menekankan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Informasi ini disampaikan oleh Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS BNPB) kepada pihak terkait, termasuk BNPB dan lembaga-lembaga terkait lainnya. Sumber informasi lainnya meliputi Pusdalops BPBD Kabupaten Bantul, Bpk. Leo dari TRC BPBD Kota Surakarta, dan Bpk. Narji dari TRC Kabupaten Kulonprogo.

Pemerintah terus memantau perkembangan situasi pasca-gempa dan siap memberikan bantuan serta dukungan kepada masyarakat yang terdampak. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk serta informasi resmi dari pihak berwenang terkait.

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Headline