Pertemuan AFCDM-WG ASEAN 2023: Kolaborasi Negara Anggota Bahas Kerja Sama Keuangan

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Pertemuan ASEAN Finance and Central Bank Deputies Meeting – Working Group (AFCDM-WG) kembali diadakan di Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada 10-14 Juli 2023. Kegiatan dihadiri perwakilan Kementerian Keuangan dan Deputi Bank Sentral dari sepuluh negara ASEAN. Timor-Leste, sebagai anggota ASEAN ke sebelas, menghadiri pertemuan untuk pertama kalinya dalam kapasitasnya sebagai pengamat di jalur keuangan.

Yogi Rahmayanti, Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, menyambut hangat kehadiran Timor-Leste atas amanat dari para Pemimpin dan Dewan ASEAN Economic Community (AEC).

Agenda pertemuan mencakup progres kerja sama ASEAN Chair Priorities 2023, Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN, Peta Jalan Integrasi Moneter dan Keuangan ASEAN, serta kerja sama keuangan ASEAN. Adapun Pertemuan utama dan pendukung, seperti Seminar Implementasi Pendanaan dan Asuransi Risiko Bencana dan Implementasi Perlindungan Sosial Adaptif di Indonesia. Selain itu, terdapat Seminar Kolaborasi Sektor Keuangan dan Pertanian untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan ASEAN, serta Steering Committee for Capacity Building (SCCB) Meeting ke-24. Kegiatan tersebut adalah bagian dari proses kerja sama negara anggota ASEAN selama satu tahun penuh.

Hasil diskusi pertemuan akan disampaikan pada ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors’ Meeting (AFMGM) yang kedua. Acara tersebut rencananya akan diselenggarakan pada Agustus 2023 di Jakarta.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline