WIKA Bangun Infrastruktur Jaringan Pipa Limbah di Jakarta

INDOWORK.ID, JAKARTA: PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), kembali ditunjuk sebagai kontraktor pembangunan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) untuk paket 2 dan 3.

Proyek ini dikerjakan WIKA bersama dengan perusahaan multinasional Kumagai Gumi Co., LTD. dan Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, lewat perusahaan patungan atau Joint Venture (JV).

Proyek ini digagas oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rumah (PUPR) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan melalui pelayanan air limbah domestik yang berkualitas di DKI Jakarta. 

JSDP adalah proyek pembangunan jaringan pipa dan stasiun pompa yang berfungsi untuk mengolah air limbah.

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito menjabarkan kepada pers bahwa pihaknya memiliki porsi sebesar 30% pada kontrak paket 2 dengan nilai total mencapai Rp 862 Miliar. 

Sedangkan lingkup pekerjaan WIKA pada proyek yang berlokasi di Jakarta Pusat tersebut diantaranya pembangunan jaringan pipa dengan diameter mencapai 1200 mm dengan metode pipe jacking dan open cut. 

Dengan panjangnya yang mencapai 14 km, jaringan pipa ini ditargetkan untuk dapat melayani kawasan Menteng, Tanah Abang dan Gambir.

Sementara pada pengerjaan paket 3 dengan total kontrak senilai Rp 1,8 Triliun, WIKA memiliki porsi sebesar 30% dengan lingkup pembangunan jaringan pipa berdiameter mencapai 2000 mm melalui metode konstruksi pipe jacking dan open cut. 

Dengan panjang yang mencapai 27 km, jaringan pipa tersebut akan mampu menjangkau 3 kota Administrasi diantaranya Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

“Kedua proyek ini merupakan lanjutan dari Paket 1 yang dikerjakan WIKA dan berlokasi di Pluit, Jakarta Utara. Lingkup pekerjaan WIKA pada paket tersebut adalah pembangunan stasiun pompa sebagai sistem pengolah limbah,” ujarnya.

Proyek ini ditargetkan mampu melayani 3 kota Administrasi yang mencakup Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

WIKA optimis mampu kembali menjawab kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah untuk menangani dan mengendalikan banjir di provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya, WIKA sukses menyelesaikan pembangunan Sodetan Ciliwung Kanal Banjir Timur sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Melalui pembangunan ini masyarakat tidak hanya mendapatkan fasilitas berupa kondisi air dan sanitasi yang lebih terjamin, namun turut memberikan manfaat terhadap lingkungan dengan terjaganya air tanah dari pencemaran serta minimnya potensi penurunan permukaan tanah.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti