Kunjungan Muhibah Rombongan Pesilat Betawi ke Chile: Membawa Budaya dan Kerjasama yang Era

[ssba-buttons]

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Sebuah rombongan pesilat yang mewakili budaya Betawi dari PPS Congkok telah tiba di ibukota Chile, Santiago, pada dinihari WIB (9/8/2023). Kunjungan ini sangat penting karena kunjungan ini adalah bagian dari kunjungan muhibah.

Kedatangan rombongan ini diterima dengan hangat oleh Dubes Indonesia untuk Chile, Muhammad Anshor. H Imron Yunus, Ketua rombongan, mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan yang sangat baik dari KBRI di Chile.

Ia mengatakan, “Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kami kepada KBRI di Chile dan apresiasi kami atas fasilitas yang telah diberikan oleh Pak Dubes. Kami juga ingin mengirimkan salam dari Pj Gubernur dan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Besar harapan kami kerjasama ini dapat berlanjut dan berkembang. Kami juga merasa sangat bersyukur karena Betawi telah memiliki peluang untuk memajukan kebudayaannya di Chile, di mana perguruan silat tradisi Betawi sudah ada di Chile.”

Dubes Indonesia untuk Chile Hangat Sambut Rombongan Pesilat Betawi PPS Congkok

Anshor, Dubes RI untuk Chile, mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan ini. “Kunjungan ini memiliki makna besar bagi Indonesia, khususnya bagi budaya Betawi. Kami berharap bahwa kerjasama ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang positif’,Ujarnya

Setelah kunjungan ke Santiago, rombongan pesilat yang terdiri dari 11 orang ini akan melanjutkan perjalanan menuju Antofagasta, dengan jarak sekitar 1.600 kilometer. Di sana, rombongan akan mengikuti serangkaian kegiatan yang meliputi coaching clinic untuk jurus-jurus silat PPS Congkok. Selain itu, kegiatan seminar tentang kebudayaan Indonesia, latihan bersama dengan perguruan silat PPS Congkok di kota Antofagasta, juga mengikuti turnamen silat.

Bachtiar Jam’an, seorang guru besar silat dari PPS Congkok yang akrab disapa Abah Meong, mengatakan, “Kami berkomitmen untuk memberikan pelatihan dan informasi terbaik tentang silat, terutama silat tradisi Betawi, serta informasi lebih luas tentang tradisi Betawi dan budaya Indonesia.” Melalui kunjungan muhibah ini, diharapkan hubungan antara Indonesia dan Chile dapat semakin erat. Sebelumnya, Dubes RI di Chile juga telah melakukan pertemuan dengan Rektor Pontificia Universidad Católica de Chile (UC Chile), Ignacio Sanchez, untuk membahas potensi kerja sama antara UC Chile dan universitas-universitas di Indonesia serta promosi budaya Indonesia di kalangan mahasiswa dan akademisi UC Chile.