Nepotisme, dari Angaran hingga Gugatan dan Keputusan MK

INDOWORK.ID, JAKARTA: Nepotisme adalah setiap perbuatan Penyelenggara Negara secara melawan hukum yang menguntungkan kepentingan keluarganya dan atau kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Bagaimana kolusi, korupsi, dan nepotisme belakangan ini?

Partai Golkar akhirnya menetapkan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden mendampingi calon Presiden Prabowo Subianto. Bagaimana sesunggunya anak sulung Presiden Joko Widodo itu dipersiapkan?

Dalam diskusi di kalangan wartawan senior, terungkap bahwa rencana Jokowi untuk Gibran secara sistematis dan terstruktur mulai dari Solo.

Pertama, pemerintah pusat mengalokasikan banyak dana APBN untuk Solo, agar pertumbuhan ekonomi kota sekunder tersebut meroket. Setengah dari proyek prioritas di Solo dibiayai APBN. Maka, tidaklah heran, Solo menjadi kota sekunder paling maju, lantaran besarnya perhatian pusat.

Kedua, dua mahasiswa Solo, Almas dan Wahyu pada Agustus 2023  mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Intinya agar keberhasilan sebagai kepala daerah dipertimbangkan saat pencalonan Capres/Cawapres. Dasar gugatannya sederhana: Gibran berhasil menaikkan pertumbuhan ekonomi di Solo hingga lebih dari 6%.

Ketiga, gugatan Almas dan Wahyu dikabulkan MK. Saat banyak gugatan lain yang lebih “berisi” karena dibuat para intelektual ditolak, gugatan dua mahasiswa Solo ini diterima begitu saja. Padahal concern gugatan ini semata hanya soal Gibran.

Keempat, kampus UNSA tempat Almas dan Wahyu kuliah, diam-diam berperan sebagai sebagai tim kampanye Gibran. Setelah ditelusuri, sang rektor Astrid Widayani dan kampusnya ternyata punya kaitan dengan agency Gibran dan Relawan Bolone Mase, relawan yang sudah mendeklarasikan diri sebagai relawan Gibran beberapa bulan lalu.

Kelima, keputusan di MK telah disetting sedemikian rupa, mulai dari pengajuan gugatan sampai proses pembahasan. Dan semua itu berawal dari Solo. Sama seperti dulu Jokowi bergerak.

SIAP BERLAGA

Ibarat main sepak bola, susunan pemain atau line up dari tim yang akan bertanding final. Dari tiga tim yang akan berlaga. Tim pertama adalah pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar dan kedua yaitu Ganjar Pranowo-Mahmuf MD. Hari ini, Sabtu, 21 Oktober 2024, Partai Golkar memutuskan bahwa Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Rapat pimpinan nasional yang digelar di kantor DPP Partai Golkar hari ini, Sabtu, 21 Oktober 2023, dihadiri oleh para kader senior mulai dari Aburizal Bakrie, Akbar Tanjung, Agung Laksono, Theo Sambuaga, dan para pengurus DPP Partai Golkar di bawah pimpinan Ketua Umum Airlangga Hartato.

Ketua DPP Partai Golkar Tubagus Ace Hasan Sadzily mengatakan bahwa rapimnas konsisten mendukung Prabowo yang telah hadir dalam acara rapimpas tersebut. Prabowo sebagai pemimpin senior dan didampingi oleh pemimpin muda, Gibran.

CHILLI PARI DAN MARKOBAR

Gibran, lahir 1 Oktober 1987, menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, yang dilantik pada 26 Februari 2021.Terlahir sebagai putra sulung Joko Widodo. Gibran merintis bisnisnya dengan membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Ia juga merupakan pendiri perusahaan kuliner martabak yang disebut Markobar.

Menurut Wikipedia, sejak kecil Gibran menetap di Surakarta, tetapi saat SMP pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat  (SMA) pada 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura. Pada 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia, hingga lulus pada 2010. Ia menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

PUTRI SOLO

 Selvi Ananda (Wikipedia)

Pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Pada 10 Maret 2016, Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra. Pada 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikaruniai anak perempuan bernama La Lembah Manah.

Pada 9 Juni 2018, Gibran mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic bersama Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat. Kerjaholic adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.

Pada 20 Juli 2019, Gibran bersama adiknya Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo, serta Randy Julius mendirikan restoran bernama Mangkokku. Sebelumnya, pada 17 Agustus 2018 ia membangun Goola bersama Kevin Susanto dan memperoleh pendanaan dari Alpha JWC Ventures senilai Rp 71 miliar.

POLITIK DINASTI

Dalam  Pilkada 2020, Gibran mendaftarkan diri sebagai bakal calon walikota Solo dari PDIP untuk Pemilihan Wali Kota Solo periode 2020-2025 yang kemudian mendapat kritik dari pengamat tentang tuduhan praktik politik dinasti dalam keluarga Joko Widodo yang masih menjabat Presiden. Gibran sendiri pernah menolak keberadaan dinasti politik di Indonesia. Selain itu, terdapat peraturan pemilu yang menghambat pencalonan Gibran sebagai kepala daerah.

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Humaniora