Jagalah Hati, Pikiran, dan Raga

INDOWORK.ID, JAKARTA: Ada tiga aspek dalam diri setiap orang, yang menurut saya, sangat perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Urutan ketiga aspek itu, menurut skala prioritas saya, adalah: hati (bukan liver), lalu pikiran (bukan otak) dan lalu fisik/raga.

Kesalahan kita, sebagian besar dari kita, menurut saya, adalah terlalu memberi titik tekan, bobot perhatian dan fokus pada fisik / raga. Coba kita konstruksikan kegiatan keseharian kita, yang kita dedikasikan untuk tubuh kita.

Kita memilih asupan yang sehat dan bergizi untuk tubuh beberapa kali sehari. Kita membersihkan dengan teliti kotoran kotoran yang melekat pada tubuh kita, antara lain dengan mandi dua kali sehari. Kita melakukan olah raga rutin. Kita percantik tubuh dengan berbagai pakaian, hiasan dan asesoris dan kosmetik.

GIZI PIKIRAN

Lalu coba bandingkan. Ingatkah kita untuk secara teratur memberi gizi pada pikiran kita? Kapankah terakhir kita membersihkan kotoran dari pikiran kita? Rutinkah kita melakukan olah pikir, simulasi intelektual? Hiasan apakah yang kita kenakan agar pikiran kita menjadi indah?

Kita lebih lalai lagi pada hati. Tahukah kita tentang asupan gizi untuk hati? Fahamkah kita cara membersihkan kotoran dari hati? Kenalkah kita aktivitas olah hati? Pernahkah kita berusaha membikin hati kita menjadi indah?

Padahal tampilan utuh sosok manusia bermula dari kondisi internal. Dimulai dari dalam. Hanya hati yang lurus dan bersih yang mampu melahirkan pikiran yang jernih. Dan hanya pikiran yang jernih bening mendorong prilaku pisik yang elok.

Silakan berkontemplasi.

*) Ditulis oleh Hasan Zein Mahmud, Redaktur Khusus Indowork.id

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Properti