Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan (foto Antara)

Pemilu 2024: Jelang Debat, Suasana Makin Hangat

INFRASTRUKTUR.ID, JAKARTA: H-40. Tinggal 40 hari lagi gelaran Pemilu presiden (Pilpres) digelar. Angka 40 yang sering ditemukan dalam al Quran. Allah SWT memutuskan bahwa tanah suci yang dijanjikan itu diharamkan bagi Bani Israil selama 40 tahun.

Mereka tidak akan kembali ke Mesir tetapi akan berputar-putar saja di padang pasir Sinai selama 40 tahun. Empat puluh tahun adalah masa untuk pergantian generasi. Generasi Bani Israil yang dibawa oleh Musa keluar dari Mesir dengan perjuangan yang sangat berat itu tidak bisa lagi diharapkan untuk diajak berjuang.

Angka 40 juga sering muncul di dalam Alkitab. Hal inilah yang membuat banyak orang Kristen bertanya-tanya, apa makna penting dibalik angka 40?

Pertama, ditulis di dalam Alkitab adalah peristiwa banjir Nuh yang terjadi selama 40 hari.

Kedua, Yesus menghabiskan waktu 40 hari di bumi di antara kebangkitan dan kenaikan-Nya.

Empat puluh hari menjelang Pilpres, hajatan makin dekat suasana makin menghangat. Apa lagi menjelang debat ketiga Ahad, 7 Januari 2024, masing-masih pasangan calon presiden mempersiapkan diri lebih matang. Namun banyak aspek yang perlu menjadi catatan:

INDEPENDENSI MEDIA

Pertama, independensi media. Menjelang debat tiga stasiun televisi yang ditunjuk oleh KPU untuk melakukan siaran langsung adalah MNC Group. Penunjukkan kelompok usaha media milik politik Harry Tanoesoedibjo ini langsung mendapatkan reaksi negatif.

Berbeda dengan debat pertama dan kedua. Pertama kali debat disiarkan oleh TVRI dengan moderator dan Valerina Danieldan  Ardianto Wijaya. Debat kedua dengan moderator dari Trans Corp yaitu Liviana Cherlisa dan Alfito Deanova Ginting.

Debat ketiga yaitu Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi. Anisha adalah presenter di stasiun televisi iNews yang sempat menjadi pemandu debat capres pada Pilpres 2019. Saat itu, Anisha yang berpasangan dengan Tommy Tjokro dipercaya menjadi moderator debat putaran kedua pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta.

Sementara itu, Ariyo Ardi adalah Pemimpin Redaksi Global TV. Ariyo juga merupakan salah satu jurnalis televisi senior yang sempat menjadi pembaca berita di stasiun televisi SCTV pada 2007. Dia pindah ke MNC grup pada 2011 dan sempat menjadi produser di RCTI dan iNews.

Debat capres kedua digelar di Istora Gelora Bung Karno pada Ahad, 7 Januari 2024. Sedangkan yang menjadi panelis adalah 11 orang.

Perdebatan mengenai penjunjukkan stasiun televisi itu karena Harry Tanoesoedibjo adalah Ketua Umum Partai Perindo yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kubu pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pun protes keras.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid melayangkan surat kepada KPU terkait televisi yang menyiarkan debat capres pada 7 Januari 2024. TKN telah mengirim permintaan kepada KPU, agar dalam satu debat penyelenggaranya tidak dimonopoli oleh satu grup TV yang pemiliknya sama dan pihak terafiliasi.

Tujuannya untuk memberikan  pemerataan dan check and balance antara satu grup TV dan grup TV yang lain. TKN pun meminta kepada KPU agar dapat menukar di antara stasiun televisi yang ada.

Dalam debat ketiga, penyelenggara TV yang diusulkan KPU adalah grup MNC (yaitu) MNC TV, Global TV, Inews TV, RCTI. Stasiun televisi tersebut dimiliki satu group. TKN Prabowo-Gibran meminta agar ditukar dengan TV yang lain, supaya tidak satu kelompok mendominasi total penyelenggara debat.

Keberatan juga datang dari kubu pasanan Anies Baswedan-Abdul Muaimin Iskandar.  Gus Muhaimin khawatir dengan independensi sebuah media penyiaran.

Ia menyatakan keberatan karena menyangkut independensi sebuah televisi siaran. “Karena itu buktikan kepada seluruh TV siaran untuk menjaga independensinya,” kata Cak Imin di Kampung Nelayan Kali Adem, Jakarta Utara, Selasa (2/1/2024).

PELANGGARAN MARAK

Kedua, pelanggaran. Pelanggaran menjelang pemilu juga makin marak. Gibran dinilai melanggar aturan kampanye yaitu dengan melakukan kegiatan kampanye politik di hari bebas kendaraan bermotor di Jalan Sudirman – Jalan MH Thamrin, Jakarta, beberapa waktu lalu.Gibran baru hadir dalam pemanggilan pada Rabu (4/1/2024) setelah sebelumnya Bawaslu juga melakulan pemanggilan pada Selasa (3/1/2024). Pada pemangggilan terdahulu Gibran tidak hadir.Seusai diperiksa, Gibran memberi keterangan kepada jurnalis setelah memenuhi pemanggilan klarifikasi di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2024). 

POLITIK UANG

Anggota Bawaslu Puadi menjabarkan beberapa potensi pelanggaran dalam pengawasan kampanye Pemilu 2024.Pertama,  pelanggaran alat peraga kampanye (APK) berupa pemasangan di tempat yang dilarang atau APK yang mengandung materi dan informasi yang dilarang.Kedua, kampanye di luar masa kampanye dan kampanye di luar jadwal.Ketiga, kampanye di tempat ibadah dan pendidikan.Keempat, adanya penggunaan fasilitas pemerintah atau negara. Penggunaan fasilitas pemerintah atau negara kaitannya dengan pengunaan kendaraan, perkantoran, rumah dinas, bahkan alun-alun. Ini gambaran potensi  pelanggaran dalam pengawasan kampanye 2024 Pelanggaran selanjutnya adalah kampanye di media sosial dengan menyebarkan informasi-informasi bohong, hoax, kampanye hitam, isu SARA,. Selain itu, adanya potensi kampanye di media massa di luar waktu yang ditentukan yakni 21 hari menjelang masa kampanye berakhir. Hal ini juga rentan, adanya kampanye tanpa izin dan pemberitahuan. Juga rentan kampanye kampanye di luar zona kampanye dan melebihi pukul 6 sore, karena memang aturan ini semua berdasarkan aturan KPU. Hal lain yang menjadi potensi pelangaran kampanye 2024 yakni adanya indikasi politik uang dalam kampanye, penggunaan dana CSR dalam kampanye, keterlibatan ASN, TNI, dan Polri dalam kampanye. Juga, mobilisasi aparatur sipil negara (PNS). Pelibatan anak dalam kampanye. Ini juga rentan sekali, di mana melibatkan anak-anak di bawah umur saat kampanye. Pelanggaran itu  mengganggu ketertiban, konvoi kendaraan pada masa kampanye. Semua bentuk pelanggaran tersebut dapat merusak integritas terhadap proses demokrasi dan menciderai prinsip-prinsip keadilan dalam pemilu.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti