Proyek food estate mangkrak, foto CNNIndonesia.com

Food Estate, Nasib Prabowo Setelah Pilpres

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Program Food Estate, saya baca akan dilanjutkan. Bahkan dengan skala yang lebih besar di pulau lain (Papua).

Saya mau menitipkan beberapa catatan:

Pertama, program ekonomi harus dilakukan dengan pertimbangan/pendekatan ekonomi dengan bobot lebih besar ketimbang pertimbangan dan pendekatan politis. Butuh kajian kelayakan, kajian amdal dan kaijan lain yang relevan.

Kedua, karena itu, sebelum dilaksanakan perlu mendengar pendapat akademisi dan para ahli di bidangnya. Butuh peta jalan yang memadai, Juga pendapat masyarakat sekitar dan terdampak.

Ketiga, bagi saya, swasembada pangan harus melibatkan secara aktif para petani. Boleh saja mengembangkan pertanian dalam skala besar, bila layak, tapi tak kalah pentingnya program serius untuk meningkatkan produktivitas, daya saing, dan rentabilitas petani.

Kendala yang dihadapi oleh mayoritas petani, seperti persoalan lahan yang terlalu sempit, teknologi yang terbelakang, dukungan infrastruktur, keterbatasan akses pasar dan akses finansial, perlu dicari solusi secara berkesinambungan.

*) Ditulis oleh Hasan Zein Mahmud, Redaktur Khusus Infrastruktur.co.id

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Bisnis