Jonathan Christie Setara dengan Rudy Hartono dan Liem Swie King

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Ia menjadi orang Indonesia ke-6 untuk posisi itu. Jonathan Christie merengkuhnya melalui perjuangan keras Ahad malam WIB–dan empat hari sebelumnya–di kejuaraan bulu tangkis All England di Birmingham, Inggris.

Ahad (17 Maret 2024) malam, ia menundukkan teman sendiri, Anthony Sinisuka Ginting dan sebelumnya menyingkirkan lawan tangguh Laksya Sen (India), Shi Yu Qi (Cina), Kunlavut Vitidsarn (Thailand), dan Chou Tien Chen (Taiwan). Semuanya pemain andal.

Menjadi orang ke-6 yang juara All England bukan prestasi sembarangan.. Puluhan pemain Indonesia sudah terjun untuk meraihnya pada kejuaraan yang usianya lebh dari satu abad ini.
Lima pemain lain yang sudah meraihnya juga amat fenomenal: Rudy Hartono merebut delapan kali, Liem Swie King tiga kali, Haryanto Arbi dua kali, dan masing-masing sekali Ardy B. Wiranata serta Tan Joe Hok Yang terakhir disebut itu sebetulnya pantas dicatat tersendiri karena dialah yang merintis juara di kejuaraan itu. Dia veni, vidi, vici–datang, bertanding, dan menang.
Jojo, yang bisa disebut masih pengantin baru, merebut posisi orang ke-6 itu dengan mengungguli rekannya sendiri dalam “final sesama Indonesia” Anthony Sinisuka Ginting. Sebuah prestasi Indonesia yang juga patut dihitung.
Ginting sendiri bisa dibilang berprestasi tinggi. Posisi runner-up tunggal putra ini juga hanya dialami sedikit pemain, di antaranya Ferry Sonneville, Christian Hadinata, Joko Suprianto, dan Taufik Hidayat.
Di ganda putra, Fajar dan Rian mempertahankan gelar juara yang direbutnya tahun lalu. Kali ini yang dikalahkan di final adalah pasangan Malaysia. Indonesia dengan demikian merebut dua gelar juara.
*) Ditulis oleh wartawan senior TD Asmadi

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Headline