Toto Irianto (paling kanan)

Yastroki Desak Prabowo Prioritaskan Ekonomi Berbasis Lingkungan

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Depresi melanda rakyat kecil atau lapisan bawah akibat didera kesulitan ekonomi. Hal itu menjadi pencetus banyaknya penderita stroke di Indonesia.

Sehubungan dengan itu, pemerintah hasil Pemilu 2024, didesak agar mengutamakan pemberdayaan ekonomi mikro berbasis lingkungan. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang diumumkan sebaga pemenang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Desakan tersebut dikemukakan Ketua Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki)  Tugas Ratmono (30 Maret 2024), di lingkungan padat hunian Pulo Gebang, Kec. Cakung, Jakarta Timur, dalam rangkaian Safari Ramadhan membagikan paket bahan pangan dan tongkat lipat kepada stroker Ny. Ida Mursyida.

“Pemerintah masa mendatang kita harapkan peduli rakyat lapisan bawah yang sedang dilanda kesulitan cari nafkah,” kata Tugas, “Usaha tingkat mikro berbasis lingkungan patut dapat kepedulian.”

KEBUTUHAN SEHARI-HARI

Ketua Yayasan Jakarta WeltevredenToto Irianto (paling kanan)
Perekonomian mikro berbasis lingkungan adalah aktivitas usaha jasa dan barang kebutuhan sehari-hari di sekitar permukiman. Lokasinya mudah diakses warga setempat.

Pemberdayaan melibatkan pemangku kepentingan, terutama Kementerian Koperasi, Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM), serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Dikhawatirkannya bila tidak mendapat perhatian, gangguan kesehatan makin masif. Rakyat miskin paling rentan terserang stroke dan penyakit lainnya.

Menyikapi kondisi memprihatinkan tersebut, Yastroki mengagendakan kajian mendalam seputar problem kemiskinan berkaitan dengan kesehatan rakyat.

DATANGI 55 STROKER

Bantuan paket bahan pangan dan tongkat hasil kerjasama Yastroki dengan Yayasan KRESHNA sebagai komunitas stroker atau penderita stroke yang mampu bertahan hidup. Kunjungan siang itu juga ke stroker Sutarno di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Selama Ramadhan 2024, menurut Suhadi, pimpinan KRESHNA, mendatangi 55 stroker di hunian masing-masing, wilayah Jabodetabek.

Penyerahan bantuan siang kemarin termasuk diikuti Wakil Sekjen Yastroki  Hari Soesetyo. Yayasan Kota Jakarta Weltevreden diketuai Toto Irianto yang berkolaborasi dalam berbagai aktivitas Yastroki, turut mendampingi.

Peningkatan jumlah penderita stroke di Indonesia kini menduduki urutan pertama angka kematian.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, stroke di Indonesia meningkat 56% dari 7 per 1.000 penduduk pada tahun 2013, naik menjadi 10,9 per 1000 penduduk pada tahun 2018. Total penderita berkisar 2,91 juta jiwa.

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Headline