Bendungan Lau Simeme Mulai Diisi Awal 2022

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengisi air atau impounding pada Bendungan Lau Simeme pada awal 2022. Desain Bendungan mampu menampung air baku sebanyak 21.07 juta meter kubik.

Bendungan Lau Simeme terbagi atas dua paket. Paket 1 yang tahap konstruksinya telah mencapai 18,71 persen. sementara paket 2 mencapai 48,9 persen. Bendungan ini memiliki lebar puncak bendungan 11 meter dan panjang puncak 205 meter.

Konstruksi bendungan tersebut melibatkan empat perusahaan jasa konstruksi melalui dua kerja sama operasi (KSO), yakni KSO antara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.-PT Bumi Karsa dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.-PT Andesmont Sakti.

Pada tahap pengerjaannya, bendungan menyerap anggaran sebesar Rp1,38 triliun. Bendungan ini juga termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan bahwa bendungan ini dapat menjadi sumber irigasi lahan pertanian di wilayah Bandar Sidoras. Serta dapat dipastikan airnya mampu mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani setempat.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti