Tak Hanya Percepat Mobilisasi, Tol Gempol-Pasuruan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Tol Gempol – Pasuruan mendukung pengembangan wilayah Jawa Timur dan meningkatkan pemerataan hasil pembangunan.

Tak hanya itu, akses ini memperlancar kegiatan industri dan logistik antar daerah antar wilayah. Adanya Tol Gempol – Pasuruan mempercepat mobilisasi orang, barang dan jasa dengan memangkas waktu tempuh perjalanan.

Jalan Tol Gempol – Pasuruan membentang sepanjang 34,15 Km dari Gempol hingga Pasuruan. Selain itu, tol ini mempunyai akses yang terhubung langsung dengan Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER).

Tol Gempol – Pasuruan memiliki 4 buah gerbang tol pelayanan transaksi yaitu Gerbang Tol (GT) Bangil, Rembang, Pasuruan, dan Grati. Salah satu gerbang tol yang bersinggungan lansung dengan Kawasan Industri PIER yaitu GT Rembang di KM 789+000.

Direktur Utama PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP), Widiyatmiko Nursejati menjelaskan manfaat adanya Gerbang Tol (GT) Rembang. GT yang satu ini sebagai penopang Kawasan Industri terbesar di Jawa Timur seluas 356 hektar. Kawasan dengan tenant bertaraf internasional dan mendukung transaksi ekspor-impor.

“Kehadiran GT Rembang diharapkan dapat membantu kelancaran kegiatan industri dan mobilitas logistik berskala domestik dan internasional sehingga dapat menjadi motor penggerak perekonomian, khususnya di daerah Pasuruan dan sekitarnya,” ungkap Widiyatmiko dalam keterangan pers (3/7/2021).

Jalan Tol Gempol – Pasuruan juga menjadi salah satu jalur alternatif dalam memperlancar roda perekonomian bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kawasan Bukir merupakan sentra industri UMKM yang memproduksi berbagai macam jenis mebel dengan bahan baku terbuat dari kayu jati di daerah Pasuruan, Jawa Timur.

Sebagai gambaran dalam mempersingkat waktu tempuh, perjalanan dari Pasuruan menuju Pelabuhan Tanjung Perak via jalan tol dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam. Perbandingan dengan via jalan non tol yaitu selama 2 jam atau dapat menghemat waktu sekitar 50%.

Keberadaan Tol Gempol-Pasuruan sebagai bagian sistem jaringan jalan dan transportasi nasional sekaligus memiliki peranan penting di jaringan Tol Trans Jawa.

 

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Jalan