PUPR Targetkan SPAM Regional Wosusokas Rampung pada 2024

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun Sistem Pnyediaan Air Minum (SPAM) Regional Wosusokas. PUPR menargetkan konstruksinya selesai pada 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono menjelaskan bahwa SPAM Regional Wosusokas ialah bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Proses pengerjaan administrasinya telah dimulai sejak 2020. Sementara untuk proses konstruksinya dimulai tahun ini.

Konstruksi SPAM Regional Wosusokas dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap berkapasitas 750 liter/detik dan tahap II berkapasitas 700 liter/detik.

Pada tahap I akan didistribusikan sebesar 200 liter/detik di Kabupaten Wonogiri, 300 liter/detik di Sukoharjo, 50 liter/detik di Kabupaten Sukoharjo, dan 200 liter/detik di Kota Solo. Sedangkan untuk alokasi air curah sisahnya akan dilanjutkan pada tahap II.

SPAM Regional Wosusokas memakan biaya hingga Rp2,2, triliun. SPAM tersebut direncanakan akan menambah pasokan air bersih untuk empat daerah di Jawa Tengah.

“Layanan pembangunan SPAM skala regional diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih,” ujarnya, pada Kamis (22/7/2021).

You may also like

Comments are closed.

More in Properti