Progres Bendungan Leuwikeris Paket 4 di Ciamis, Jawa Barat

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Hutama Karta (Persero) dan PT Basuki Rahmanta Putra (KSO) tengah melaksanakan pembangunan Bendungan Leuwikeris paket 4.

Berada di Sungai Citanduy, bendungan ini punya aneka manfaat. Antara lain, bermanfaat untuk irigasi, pengendali banjir, cadangan air saat kemarau, sumber energi pembangkit tenaga listrik, hingga pariwisata. ⁣

Hingga Juli 2021, progres konstruksi bendungan tersebut telah mencapai 69%. Lingkup pekerjaan mencakup pekerjaaan persiapan, jalan akses, terowongan pengelak (plugging),  bangunan pelimpah/spillway, dan pekerjaan hydromechanical & electrical.

Bendungan Leuwikeris ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian selatan. Bendungan Leuwikeris memiliki kapasitas tampung sebesar 81,44 juta m3 yang akan mengairi Daerah Irigasi (DI) Lakbok Utara dan Selatan dengan luas total 11.216 hektare.

Nantinya, bendungan yang terletak diantara Kab. Ciamis dan Kab. Tasikmalaya ini juga bermanfaat sebagai penyuplai bahan baku sebesar 850 m3 per detik, mereduksi banjir menjadi 450,02 m3 per detik, dan listrik sebesar 20 MW.

Dengan demikian, ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat maupun daerah. Sementara itu, proyek konstruksi paket 4 ini akan selesai pada 2022.

 

Baca juga: Perkembangan Konstruksi Bendungan Way Sekampung

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Properti