Kerja Sama UI-Paiton Energy Hadirkan PLTSa

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Universitas Indonesia (UI) telah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dengan kapasitas sebesar 234 kWh.

Ini merupakan hasil kerja sama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unicersitas Indonesia (FMIPA UI) bersama PT Paiton Energy melalui program Waste to Energy CSR Project.

Dalam kerja sama ini, Paiton Energy akan mendonaskan sekitar delapan unit mesin Biodigester yang berfungsi sebagai PLTSa. Mesin tersebut bisa memanfaatkan limbah sampah mulai dari organik dan kotoran hewan.

“Untuk pemanfaatan biodigester yang akan diisi dengan daun-daun, kotoran hewan, sisa kotoran belatung. Sehingga dapat menghasilkan biogas yang akan langsung kami manfaatkan untuk menggerakkan mesin pembangkit listrik,” tutur Direktur Pengabdian & Pemberdayaan Masyarakat UI Agung Waluyo, Rabu (1/12/2021).

Adapun mesin akan menghasilkan listrik mencapai 234 kWh. Selain itu, mesin juga dapat memproduksi pupk padat dan cair yang berguna untuk pertanian.

Perlu diketahui bahwa nantinya, PLTSa akan digunakan di laboratorium Parangtopo UI. Kehadiran PLTSa ini juga menjadi solusi berkelanjutan UI dalam mengelola sampahnya.

You may also like

Comments are closed.

More in Properti