2022, Capaian Fisik Kementerian PUPR 95,76%

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Memasuki awal 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan doa bersama yang diikuti oleh seluruh Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Kepala Balai Besar/Balai, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian PUPR, Senin (2/1/2023).

Acara dilaksanakan secara tatap muka maupun virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengajak seluruh Insan Kementerian PUPR dalam menjalankan program-program pembangunan infrastruktur di tahun 2023 dapat mengedapankan nilai-nilai ibadah demi kemaslahatan masyarakat.

Ia meminta dalam program 2023 ini mencari nilai-nilai akhirat dalam melaksanakan program tersebut. Basuki Proyek air minum adalah proyek untuk daerah yang kering, bukan daerah yang banyak air. “Tugas kita mencari air di daerah yang membutuhkan, pasti nilainya lebih baik dalam nilai ibadah,” kata Basuk Senin (2/1/2023).

Selanjutnya dalam pelaksanaan program infrastruktur 2022, Basuki menyampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai di lingkungkan Kementerian PUPR, khususnya Unit Pelaksana Teknis yang telah bekerja dengan baik dalam melakukan penyerapan anggaran untuk pembangunan infrastruktur sepanjang tahun 2022. “Sehingga memberikan manfaat dalam mendukung kegiatan sosial ekonomi di tanah air.”

LEBIH BAIK

Menurut dia, capaian fisik Kementerian PUPR 95,76% dan keuangan 93,3%. “Saya kira ini lebih baik dari tahun lalu. Ini semua adalah hasil kerja keras rekan-rekan semua, khususnya di UPT,” katanya.

Sebagai kementerian yang ditugaskan membelanjakan uang negara, Menteri Basuki meminta khususnya kepada petugas teknis yang mendapat amanah mengelola anggaran negara untuk meningkatkan integritas secara disiplin dan berperilaku baik. Menteri Basuki mengajak seluruh Insan PUPR agar meningkatkan keimanan dan kualitas dalam beribadah.

Menurut dia, syaratnya niat dan latihan. Tanpa latihan, tidak akan bisa mendapatkan hidayah. “Jadi mari kita niatkan dan latih, semoga Allah SWT memberikan hidayah kepada kita. Kalau kita sudah berada di level ahli ibadah, hidup kita akan lebih ringan karena merasa dituntun, dan Insya Allah akan selamat,” kata Menteri Basuki.

INSTROPEKSI DIRI

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menyampaikan acara doa bersama ini menjadi waktu untuk ber-muhasabah, melakukan introspeksi diri atas apa yang telah dikerjakan pada tahun 2022. Sehingga menjadi penyemangat dalam menjalankan amanah rakyat membangun infrastruktur yang handal di Indonesia. “Infrastruktur yang dibangun bisa dirasakan manfaatnya dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.”

 

Zainal menyampaikan sejumlah penghargaan diterima Kementerian PUPR atas kinerja sepanjang tahun 2022, di antaranya bidang Komunikasi Publik, penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial, dan penghargaan Maestro manajemen aset dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

“Semoga dalam menjalankan tugas-tugas ke depan dan langkah-langkah kami mendapatkan ridho Allah SWT, dan tentu kami semua menginginkan kebaikan-kebaikan di dalamnya,” katanya.

Acara doa bersama menghadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA yang memberikan tausiah tentang pentingnya meningkatkan level keimanan kepada Allah SWT dan derajat spiritual dalam menjalankan tugas-tugas di lingkungan Kementerian PUPR. (Tri)

 

What is your reaction?

0
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly

You may also like

Comments are closed.

More in Headline