Terobosan Baru Perusahaan Otmototif, Hasilkan Bahan Bakar Disebut Autogas

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Tuntutan terhadap emisi yang bersih, mendorong – sejumlah perusahaan otomotif melakukan inovasi.

Bila sebelumnya kebanyakan kendaraan menggunakan satu jenis bahan bakar, salah satu terobosan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar adalah kendaraan dengan bahan bakar bensin dan gas alam cair (LPG). Ketika LPG digunakan dalam kendaraan dengan mesin pembakaran internal biasa disebut dengan Autogas.

Autogas adalah campuran yang bervariasi dari gas propana dan gas butana. Cara kerja LPG di mesin pada dasarnya sama dengan motor bakar bensin.

Blok mesin, piston, busi, sistem pengapian, sistem pelumasan dan kelistrikan semuanya bekerja sama pada bahan bakar LPG, terdiri dari propana, butana atau campuran keduanya dan disebut juga sebagai cairan gas alam.

Dua perbedaan utama dalam cara kerja LPG di kendaraan LPG adalah bahan bakar itu sendiri dan sistem penyimpanan dan pemasukan bahan bakar. Dengan nilai oktan lebih dari 100, LPG bisa dapat digunakan pada hampir semua motor bensin.

Liquefied Petroleum Gas

LPG adalah campuran gas hidrokarbon mudah terbakar yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, sebagai Autogas, serta untuk pemanas rumah dan bahan bakar memasak.

Ketika digunakan dalam kendaraan, terdapat sedikitnya empat jenis utama sistem gas LPG untuk mobil. Berikut adalah empat sistem LPG untuk mobil yang terus berkembang hingga saat ini.

Pertama adalah sistem biofuel dengan Liquid Phase Direct Injection (LPDI) yang memiliki LPG cair untuk disuntikkan langsung ke ruang bakar. LPDI adalah sistem LPG paling canggih untuk mobil.

Kemudian sistem LPG Liquid Phase Injection (LPI) yang menyuntikkan cairan langsung ke intake manifold. Sebelumnya ada juga sistem LPG Vapor Phase Injection (VPI) gas keluar dari konverter di bawah tekanan dan disuntikkan ke intake manifold.

Adapula sistem konverter dan mixer LPG adalah sistem LPG gaya tertua. Bahan bakar cair diubah menjadi uap dan kemudian dicampur dengan udara sebelum masuk ke intake manifold.

Perkembangan bahan bakar alternatif ini semakin meningkat. Baru-baru ini, pabrikan otomotif di Inggris sudah memasarkan secara resmi mobil yang menggunakan bahan bakar campuran antara bensin dengan LPG.

Kombinasi propana dan butana, LPG ditambahkan ke mesin bensin yang ada dengan mengintegrasikan sistem injeksi. Untuk itu, dibutuhkan tangki tersendiri (tanpa mengurangi volume bobot) yang tahan tekanan dan dibuat khusus untuk menyimpan cairan, dan sedikit modifikasi pada saluran bahan bakar mesin.

Bagaimana cara kerjanya?  Peralihan dari bensin ke LPG, dan sebaliknya, dapat dilakukan secara manual atau otomatis (saat tangki LPG kosong). Masing-masing bahan bakar dapat dipantau kondisinya. Bila LPG sudah habis, kemudian dilakukan switch dan pindah menggunakan bahan bakar bensin.

You may also like

Comments are closed.

More in Otomotif