Singkat Berbudaya: Mengenal Budaya Depok Dalam Satu Hari

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Budaya merupakan fondasi untuk membangun suatu identitas yang akan diwariskan dari generasi ke generasi.

Seiring dengan perkembangan zaman, secara perlahan budaya mulai terlupakan. Oleh karena itu, Singkat Berbudaya menjadi salah satu wadah untuk memperkenalkan budaya kepada anak bangsa sekaligus melestarikan budaya yang sudah ada khususnya Budaya Betawi.

Program Studi MICE Politeknik Negeri Jakarta akan menyelenggarakan Singkat Berbudaya yang memperkenalkan budaya Kota Depok yang akan dilaksanakan pada 21 Januari 2023 di Alun-Alun Kota Depok pukul 07.00-19.00 WIB.

Dengan rangkaian acara mulai dari Bazar Budaya bertemakan Budaya Betawi Ora, Abang Mpok Bocah Show sebagai ajang peragaan busana oleh anak-anak berusia 6-12 tahun bertemakan pakaian Adat Betawi, Lomba Tari Tradisional oleh anak-anak berusia 6-15 tahun, Betawi Parade (Ngarak Budaya Kite) dengan pakaian adat Betawi yang diiringi oleh tanjidor dan ondel-ondel, Nonton Nyok, Karaoke (Karokoe), yaitu perpaduan musik masa kini yang di aransemen dengan unsur tradisional serta Ngayab Nyok sebagai ruang permainan tradisional yang meliputi rangku alu, gasing, congklak, dan gundu.

Singkat Berbudaya didukung langsung oleh Pemerintah Kota Depok dengan piala yang diperebutkan, yaitu Piala Wakil Wali Kota Depok. Pemenang dalam acara Lomba Tari Tradisional oleh anak-anak berusia 6-12 tahun akan memperoleh piala, plakat resmi Pemerintah Kota Depok, sertifikat yang ditandatangani oleh Wakil Wali Kota Depok, Bapak Imam Budi Hartono.

Khusus untuk penampilan Tari khas Kota Depok, yaitu Gondek Denok akan mendapatkan nilai tambah. Dalam acara Abang Mpok Bocah Show oleh anak-anak berusia 6-15 tahun juga akan berkesempatan untuk meraih Peragaan Busana Terbaik.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline