Medan ke Danau Toba, Jalan Tol Belum Rampung

INFRASTRUKTUR.CO.ID, MEDAN: Perjalanan dari Medan ke Danau Toba, masih membutuhkan waktu lama karena jalan tol belum rampung. Bagi mereka yang ingin berwisata ke Danau Toba, baru bisa menikmati tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi.

Berdasarkan pemantauan Infrastruktur.co.id, ruas tol Tebing Tinggi-Parapat masih dalam proyek pembangunan. “Jika sudah rampung perjalanan Medan-Parapat mungkin hanya 2 jam,” kata Nurhalim Tanjung, dosen STIPK Medan.

PT Hutama Karya (Persero) terus mempercepat pembangunan jalan tol terpanjang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yakni, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143,5 kilometer. Dengan menggunakan jalan tol ini nantinya membuat perjalanan menuju Desitinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba bisa lebih cepat.

CUKUP MEMADAI

Fasilitas tempat istirahat pada ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi cukup memadai. Rest area ini diresmikan pada 16 Desember 2019, dan menjadi rest area pertama di jalan tol di Sumatera.

“Rest area ini yang pertama kali ada di Sumut. Ini diperuntukkan kepada pengguna jalan yang ingin beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh,” kata Division Head Regional Jasamarga Nusantara Tollroad (JNT) Teddy Rosady seperti dikutip Antara.
Lokasi rest area ini berada di kilometer 65 yang letaknya di kedua arah, baik arah Tebing Tinggi, maupun arah Medan, tepatnya di Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai.
Masing-masing rest area Km 65A dan Km 65B memiliki luas mencapai 4 hektar yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti Mesjid, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), toilet, mini market dan pujasera.
Kedua rest area ini juga dilengkapi dengan area komersial yang berisi beragam outlet dengan mengedepankan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
“Untuk rest area Km 65A tersedia 60 outlet UMKM. Sedangkan rest area Km 65B tersedia 40 outlet. Tersedia juga area komersial untuk retail,” kata Supervisior Rest Area Jalan Tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi Supriadi.
Perjalanan menuju Danau Toba dari Tebing Tinggi masih melalui jalan lama. Namun pemandangan cukup indah karena banyak kebun sawit dan karet. Pohon-pohon di pinggir jalan pun rindang sehingga ujung dahan di sebelah kiri dan kanan menyatu yang membuat pengguna jalan terlindung dari terik mata hari.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline