PT Pertamina Internasional EP Merambah Mitra Luar Negeri

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Pertamina terus berupaya menjadi perusahaan Go Global. Dengan komitmen yang kuat untuk terus tumbuh dan berkembang, BUMN ini menguatkan posisi sebagai Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.

Melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream melalui PT Pertamina Internasional EP (PIEP), Pertamina memainkan peranan kunci dalam kerja sama dengan mitra luar negeri.

Anak usaha Pertaimina tersebut menjalankan usaha di bidang Eksplorasi dan Produksi Migas yang beroperasi di 4 (empat) benua dan 12 (dua belas) negara, salah satunya adalah operasi migas di Irak yang mempunyai salah satu cadangan minyak dan gas raksasa di dunia.

PIEP yang juga merupakan Regional Internasional Subholding Upstream Pertamina, melalui anak perusahaan langsung yaitu – PT Pertamina Irak EP telah melakukan pembelian 10% Participating Interest (PI) dari ExxonMobil Iraq Limited (EMIL).

Lapangan yang dioperasikan oleh EMIL selaku Lead Contractor berada di bagian Selatan Irak, dekat dengan kota Basra yang berjarak 400 km sebelah tenggara ibukota Baghdad.

Sejak mendapatkan kontrak kerja sama di beberapa negara, PIEP melaksanakan komitmennya sebagai mitra yang memiliki nilai tambah lebih di berbagai aspek operasi dan selalu mengedepankan kolaborasi aktif dengan berbagai mitra di seluruh operasinya.

Dalam operasinya di West Qurna 1, PIREP sebagai anak perusahaan langsung PIEP bermitra dengan sangat harmonis dengan EMIL, ITOCHU, Petrochina dan Oil Exploration Company (OEC) Iraq. Hal ini terbukti dengan diselesaikannya pembelian 10% PI di akhir tahun 2022.

Wiko Migantoro

Wiko Migantoro, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi, dalam laman resmi Pertamina, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah membantu. ‚ÄúSemua pemangku kepentingan utama di Irak terus memberikan kepercayaan kepada Pertamina untuk melanjutkan eksistensinya sebagai mitra penting dalam pengelolaan lapangan operasi West Qurna 1,” ujar Wiko.

Dengan total 20% PI, peran Pertamina sebagai mitra yang memiliki kinerja yang baik, dapat diandalkan, dan terus berkembang untuk melakukan kerja sama aktif dengan semua mitra khususnya EMIL dalam mendukung program kerjanya mengembangkan West Qurna 1 untuk mencapai potensi terbaiknya dalam memproduksi minyak di lapangan tersebut, serta terus memberikan nilai tambah bagi mitra lainnya.

Pada tahun 2023 dan ke depannya, PIEP dapat memastikan bahwa akuisisi ini dapat memberikan tambahan produksi ke Subholding Upstream Pertamina yaitu sebesar 100,000 bopd dan diharapkan produksi ini dapat terus bertambah sesuai dengan potensi yang dimiliki lapangan West Qurna 1.

You may also like

Comments are closed.

More in EPC