Jalan Tol Trans-Jawa Berakhir di Banyuwangi Selesai Pada 2024

INFRASTRUKTUR.CO.ID, JAKARTA: Bagian akhir dari Jalan Tol Trans-Jawa yang menghubunhkan Banten sampai Banyuwangi berada pada Ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi ditargetkan tuntas pada 2024.

Ruas Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan total panjang 175,4 km. Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap I menghubungkan Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 km, dan tahap II menghubungkan Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 km.

Sementara itu, perusahaan yang memegang hak konsesi adalah PT. Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB), anak perusahaan dari Jasa Marga.

Pembangunan tahap I ruas Jalan Tol Probolinggo-Besuki terbagi atas 3 paket pekerjaan konstruksi. Paket 1, yakni Gending-Kraksaan sepanjang 12,88 km dengan tahapan pembebasan lahan sebesar 92,02 persen.

paket 2 Kraksaan-Paiton (11,20 km) dengan tahapan pembebasan lahan 89,67 persen, serta dan paket 3 Paito-Besuki (25,60 Km) dengan pembebasan lahan 28,48 persen.

DERETAN KONTRAKTOR

Adapun pekerjaan konstrukri terbagi menjadi beberapa paket: paket 1 ruas Gending-Kraksaan dilaksanakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Marga Konstruksi Nusantara berupa kerjasama operasi (KSO), sedangkan pengawasan dilakukan oleh Konsultan Supervisi dari PT Virama Karya (Persero).

Paket 2 ruas Kraksaan-Paiton dilaksanakan oleh KSO kontraktor PT Hutama Karya Infrastruktur, PT Acset Indonusa Tbk, dan PT Nindya Karya, sementara itu pengawasan dilakukan oleh Konsultan Supervisi dari PT Multi PHI Beta.

Sedangkan, paket 3 ruas Paiton-Besuki dilaksanakan oleh KSO kontraktor PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Adapun pengawasan dibagi menjadi 2 Paket, Paket 3A dilakukan oleh Konsultan Supervisi dari PT Eskapindo Matra sedangkan Paket 3B masih dalam tahap persiapan Pengadaan.

Jalan Tol Trans Jawa adalah jalur jalan tol yang menghubungkan beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang dimulai dari Cikampek di Provinsi Jawa Barat menuju Banyuwangi di Jawa Timur. Jalur jalan tol tersebut dibagi menjadi enam ruas, yaitu ruas Cikamapek-Padalarang, Padalarang-Palimanan, Palimanan-Bawen, Cikampek-Kertapati, Kertapati-Surabaya, dan Surabaya-Banyuwangi.

Ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi adalah bagian dari Jalan Tol Surabaya-Banyuwangi. Jalan tol ini diciptakan untuk mempercepat jarak perjalanan antara kota-kota tersebut dan juga mengurangi hambatan lalu lintas. Jalan tol ini juga dapat mengurangi beban lalu lintas di jalan raya lainnya dan membantu meningkatkan efisiensi angkutan umum.

You may also like

Comments are closed.

More in Headline